JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kemenag Sebut 21 Masjid dan 5 Gedung KUA Alami Kerusakan Akibat Gempa Cianjur

Warga menyaksikan Masjid Al-Firdaus yang temboknya retak-retak dan sebagian ambruk di Jalan Raya Cugenang, Desa/Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Kecamatan Cugenang salah satu wilayah yang sangat parah terdampak gempa berkekuatan 5.6 magnitudo yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 sekitar pukul 13.21 WIB. Foto: Tribunnews.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kementerian Agama (Kemenag) menyebut ada 21 Masjid mengalami kerusakan akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

“Sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan. Misalnya ada 21 masjid dan lima gedung KUA yang rusak. Dari lima gedung itu, tiga KUA rusak ringan dan dua KUA rusak berat,” kata Plt. Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag, M. Adib melalui keterangan tertulis, Rabu (23/11/2022).

Terkait hal itu, Kemenag menyiapkan bantuan untuk perbaikan Kantor Urusan Agama dan rumah ibadah yang rusak akibat gempa

Baca Juga :  Susul Megawati dan BEM 4 Perguruan Tinggi, Rizieq Shihab dan Din Syamsuddin Cs Ajukan Amicus Curiae ke MK

Adib mengatakan Kemenag akan membangun kembali KUA yang rusak parah dan merenovasi KUA yang rusak sedang.

Pihaknya juga akan memberikan bantuan bagi masjid yang mengalami kerusakan akibat gempa.

“Jumlahnya nanti kita lihat sesuai kemampuan anggaran. Sepulang dari sini kita akan segera melakukan rapat dan memutuskan langkah terbaik secepatnya,” ucap Adib.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

Dirinya mengungkapkan layanan KUA secara bertahap akan mulai dilaksanakan.

“Kita sedang mencari lahan sementara untuk disewa agar layanan bisa segera dilakukan. Karena masih tahap evakuasi. Kita juga akan memberikan dukungan alat pengolah data untuk layanan KUA,” pungkas Adib.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 5,6 SR yang terjadi pada Senin (21/11), berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Gempa tersebut menyebabkan kerusakan pada berbagai fasilitas umum dan rumah warga.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com