JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kursi DPRD Sragen Jadi 50, PDIP Mau Separuh, Golkar dan Gerindra 10

Dari kiri ke kanan, Untung Wibowo Sukowati, Sri Pambudi dan Wahyu Dwi Setyaningrum. Kolase/Wardoyo
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah partai politik (parpol) besar di Sragen mulai pasang target kenaikan perolehan kursi pada Pileg 2024 mendatang.

Kenaikan target itu menyusul penambahan jumlah kursi DPRD Kabupaten Sragen yang dipastikan naik jadi 50 pada pesta demokrasi lima tahunan itu.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) misalnya, memasang target meraup minimal 25 sampai 26 kursi

Jumlah itu naik hampir 2 kali lipat dari Raihan 13 kursi saat ini. Ketua DPC PDIP Sragen, Untung Wibowo Sukowati, mengatakan, target meraih separuh kursi wakil rakyat tersebut merupakan target dari DPP.

“Sesuai instruksi DPP, Sragen harus hattrick kemenangan. Kita punya kader terbaik bupati dan ketua dewan, semoga bisa lebih maksimal dan meraih 25 kursi dewan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (15/11/2022).

Bowo yang juga anggota DPRD Provinsi Jateng itu menjelaskan, perolehan kursi di daerah pemilihan (dapil) I yang sekarang empat kursi ditargetkan naik jadi enam kursi. Kemudian Dapil II diharapkan naik jadi empat kursi.

“Penambahan jumlah kursi itu untuk penyemangat kami. Ada pendatang baru di PDIP yang juga siap bertarung dalam Pileg 2024. Pemilu 2024 merupakan penentuan kami, maka tidak usah memikirkan Pilkada dulu,” tegasnya.

Baca Juga :  Drama Musikal Meriahkan HUT Ke-278 Sragen

Sekretaris DPC PDIP Sragen, Suparno menambahkan, DPP menugaskan DPC untuk mencapai torehan minimal 25 kursi. Namun berdasarkan pemetaan DPC, capaian 26 kursi masih memungkinkan untuk diraih.

“DPP sebenarnya menargetkan 25 kursi. Tapi dari hasil pemetaan, DPC berani pasang target 26 kursi di Pemilu 2024. Rinciannya Dapil I tujuh kursi tapi hanya ditulis enam kursi, Dapil II ada empat kursi, Dapil III ada empat kursi, Dapil V ada empat kursi, dan Dapil VI ada lima kursi,” jelasnya.

Suparno mengaku optimistis target tersebut bisa tercapai dengan cara bisa pembagian wilayah binaan caleg. Jadi nantinya tidak ada istilah rebutan daerah antar caleg PDIP.

“Masing-masing caleg bergerak di wilayah yang telah dibagi sehingga lebih efektif. Kami tidak kerja sendiri tetapi kolektif,โ€ katanya.

Sementara, Ketua DPC Partai Gerindra, Wahyu Dwi Setyaningrum mengaku lebih realistis mematok target dalam menyikapi bertambahnya kursi DPRD jadi 50. Menurutnya, kenaikan kursi dari 5 saat ini menjadi 10 kursi dirasa target realistis yang diusung Gerindra di Pileg 2024 nanti.

Baca Juga :  Akhirnya DPC PDIP Sragen Buka Pendaftaran Calon Bupati Sragen 2024

“Kami akan berjuang semaksimal mungkin untuk meraih minimal 10 kursi, naik dari perolehan sekarang yang 5 kursi. Persiapan sejauh ini sudah matang dan tinggal pemetaan untuk penataan bacaleg,” ujarnya.

Target realistis juga disampaikan Sekretaris DPD Partai Golkar Sragen, Sri Pambudi yang mengaku sudah membuat simulasi internal terkait penambahan kursi tersebut. Simulasi itu sebagai rujukan partainya untuk ‘tempur’ di Pileg mendatang.

“Kami sudah prediksi kursi DPRD bertambah karena jumlah penduduk Sragen yang sudah melebihi satu juta orang. Tentunya kami akan menyiapkan strategi khusus terkait penambahan kursi,” ujarnya.

Menurutnya, partainya realistis akan bisa meraih target 10 kursi, naik dari kursi semula yang sebanyak 6.

“Sejak jauh hari kami sudah memetakan terkait mana-mana dapil yang bertambah kursinya. Ini berkaitan dengan strategi yang akan ditempuh agar perolehan kursi Partai Golkar juga bisa bertambah,” tandas politisi muda ini. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com