JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Operasi Pasang Ring Jantung Bisa Dilakukan di Semua Kabupaten, ini Pernyataan Menkes

RSUD Wonogiri
Direktur RSUD Wonogiri Adhi Dharma menggunting pita peresmian gedung baru. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Menkes Budi Gunadi Sadikin meminta operasi pasang ring jantung bisa dilakukan di semua kabupaten.

Ini mengingat penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian di Indonesia.

Menkes Budi Gunadi Sadikin meminta operasi pasang ring jantung bisa dilakukan di 514 kabupaten/kota. Dia berharap operasi pasang ring jantung bisa dilakukan di semua kabupaten sebelum akhir masa jabatannya.

Baca Juga :  Ini Dia Daftar Kabupaten di Jateng Berpotensi Hujan Lebat Menurut Prakiraan Cuaca Jateng Kamis 2 Februari 2023

“Saya minta 514 kabupaten/kota bisa operasi pasang ring jantung. Semua provinsi harus bisa operasi gagal jantung terbuka dan bedah otak terbuka,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin melansir kemkes.go.id, Rabu (30/11/2022).

Dikatakan Menkes Budi Gunadi Sadikin, dibutuhkan bantuan dari dokter spesialis jantung agar operasi pasang ring jantung bisa dilakukan di 514 kabupaten/kota.

Butuh anggaran Rp. 31 triliun sampai 2027 untuk menjadikan 514 kabupaten/kota bisa melakukan operasi pasang ring jantung. Untuk tahap 1 Kemenkes menyediakan anggaran Rp. 17,9 triliun dan Rp. 13,1 triliun di tahap 2.

Baca Juga :  Tips Memilih Durian Manis dan Tidak Hambar, Hindari Kulit Dengan Kondisi Seperti ini

Berdasarkan Global Burden of Desease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) 2014-2019 penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com