JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Peringati Hari Guru 2022, SMPN 8 Solo Bertabur Guru dan Siswa Berprestasi

Bersama Kepala Sekolah Triad Suparman, M.Pd (2 dari kanan), para guru SMPN 8 dan satu peserta didik (paling kanan) foto bersama sembari menunjukkan buku karya mereka / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ada yang istimewa dalam peringatan Hari Guru Nasional di SMP Negeri 8 Surakarta, pada Jumat (25/11/2022) pagi.

Suasana tampak begitu meriah dan bergairah ketika para peserta didik mempersembahkan puisi, olah vokal, seni tari maupun drama kepada para guru.

Melalui rilisnya ke Joglosemarnews, Sie Humas Sri Suprapti menjelaskan, acara dirangkai dengan pembagian hadiah untuk siswa SMPN 8 Surakarta yang berhasil mengukir prestasi.

Dalam Festival Tunas Bahasa Ibu jenjang SMP/MTs tingkat Kota Surakarta tahun 2022, beberapa siswa SMPN 8 Surakarta berhasil memboyong juara.

Antara lain, Aphrodita Helsa Christini yang menjadi Juara I MapKris dan Harapan I putri nembang macapat.  Lalu Cavan Ayubban Hisyam yang menyabet Juara II lomba berpidato.

Yang lain adalah Widya Putri Laksitaningrum, peraih Juara 3 lomba nembang macapat dan Immanuel Helmey Cresnanda sebagai Juara Harapan I putra lomba menulis Geguritan.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Para guru pun seolah tak mau kalah, mereka adalah guru-guru kreatif yang perlu mendapatkan apresiasi dari sekolah karena kreasi, konsistensi dan inovasi yang mereka lakukan.

Antara lain adalah Triad Suparman, M.Pd, kepala SMPN 8 Surakarta yang telah menulis buku Revolusi Mental Ala SMPN 8 Surakarta (2019) dan Laba-Laba Membangun Istana (2021), sebuah antologi puisi.

Guru IPS di sekolah yang sama, Kawit Sulastri, S.Pd.,M.Pd juga telah melahirkan dua buku. Keduanya adalah buku berjudul Pendekatan Scientific dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Literasi dan Berorientasi HOTS.

Selanjutnya adalah Hetty Dwi Agustin, S.Pd, guru Bahasa Inggris yang menulis buku Puisi buat Sahabatku (2020), Kasih Ibu (2021), 25 Bunga dan Tanaman Hias Asli Indonesia (2022) dan Comic Photo for Writing Skill Exercise (dalam proses cetak).

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Tak ketinggalan, Sie Humas yang juga guru Bahasa Jawa, Sri Suprapti telah menulis buku dengan judul Petuah Jawa Menemukan Kebaikan.

Sementara itu Endang Lestari, S.Pd berhasil menciptakan lagu “Mars Adiwiyata” dan satu siswa yang telah berhasil menulis buku, yakni Muhammad Dzaky Gusti Abiyyu yang telah menulis novel berjudul Manusia 1(001) Alasan.

Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman mengatakan, guru yang kreatif akan membawa suasana belajar yang kondusif, sehingga peserta didik menjadi bergairah dalam belajar.

Guru yang inovatif adalah Guru yang selalu mencari hal-hal yang baru dalam proses transfer ilmu dan membentuk karakter peserta didik.

“Sehingga harkat guru sebagai jabatan profesi mendapatkan penghargaan yang tinggi,” ujarnya.  Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com