JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Rp 131 Miliar Dana DAU Tak Bisa Diutak-atik, Bupati Sragen Minta Pendapatan Daerah Digenjot

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati meminta agar potensi pendapatan terus digenjot untuk menaikkan pendapatan asli daerah (PAD).

Hal itu dilakukan untuk menyiasati kebijakan pusat yang terus mengurangi dana alokasi umum (DAU) ke daerah.

Jika tidak, maka anggaran untuk merealisasikan visi misi dan program pemerintahan Sragen akan terhambat.

“Mau tidak mau PAD harus meningkat dan terus meningkart. Karena aturan dr pusat sangat rijid sekali. Dana DAU sudah terprogram dan wajib untuk berbagai urusan yang sudah terpacak,” paparnya saat memberi arahan di hadapan camat, kades dan kepala OPD di Pendapa Rumdin Bupati usai undian Lunas PBB, Senin (28/11/2022).

Baca Juga :  Perjuangkan Revisi Perbup 67, Praja Sragen Ancam Gelar Demo. Komisi I Berharap Segera Ada Penyelesaian

Ia menyebut dari sekitar Rp 131 miliar DAU yang diperoleh Kabupaten Sragen dari pusat di 2023, semua sudah teralokasikan sesuai dengan plotingnya.

Seperti Rp 90 miliar untuk urusan l pendidikan, Rp 22 miliar untuk urusan kesegaran dan Rp 19 miliar untuk infrastruktur.

Alokasi dan peruntukannya itu sudah baku dan tidak lagi bisa diutak-atik.

“Dinas pendidikan saja yang mengalokasikan sampai muter tujuh keliling dananya mau dipakai opo meneh. Karena wajib digunakan untuk itu. Jadi DAU itu sekarang sudah tidak bisa diutak-atik,” jelasnya.

Baca Juga :  Mantan Walkot Blitar Samanhudi Anwar Diciduk Polisi, Diduga Terlibat Perampokan di Rumdin Wali Kota Blitar: Aksi Perampokan Disebut Direncanakan dari Lapas Sragen 

Dengan kondisi itu, jika tidak menggali potensi pendapatan daerah, akan sulit untuk merealisasi program serta visi misi pemerintahan.

“Makanya desa juga kita dorong untuk melihat potensi desanya, bagaimana agar digali dan PAD meningkat. Bedanya kalau DAU pusat ke daerah tiap tahun selalu dikurangi, kalau desa dana desanya tiap tahun selalu ditambah terus. Pesan saya pengelolaan dana di desa dimanfaatkan semaksimal mungkin,” tandas Bupati. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com