JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tolak Instruksi Presiden Jokowi Soal Pemakaian Mobil Listrik, Sikap Gibran Tuai Pro Kontra

Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Langkah Walikota Surakarta,  Gibran Rakabuming Raka untuk mencoret anggaran pembelian kendaraan dinas baru untuk Walikota dan Wakil Walikota pada tahun 2023 mendatang menuai pro kontra.

Salah satu sikap  kontra dilontarkan netizen di twitter. Pemilik akun @ndraSihombing menyebut Gibran adalah seorang pembangkang.

“Anak pembangkang nih mas wali @gibran_tweet,” cuitnya.

Sementara itu pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, justru mendukung langkah Gibran tersebut. Menurutnya langkah tersebut sangatlah tepat.

“Pakai yang ada saja, mobilnya masih bagus kan?  Kecuali mobilnya udah bobrok. Mobil listrik itu lifestyle, urgentnya apa? Gak usah ikut-ikut pusat. Daerah lebih baik uangnya digunakan untuk lainnya,” terangnya saat dikonfirmasi, Rabu  (2/10/2022).

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

Djoko lalu menyarankan agar daerah lebih baik menggunakan uangnya untuk mengentaskan kemiskinan di daerahnya masing-masing

“Betul itu (langkah Gibran) daerah ga usah ikut-ikutan pusat. Pusatkan uangnya banyak. Misal untuk subsidi lain, kayak Batik Solo Trans (BST) udah bayar itu bisa ditalangi,” paparnya.

Selain itu menurutnya jika kepala daerah menggunakan mobil listrik takutnya akan menimbulkan persepsi buruk di kalangan masyarakat.

“Orang miskinnya masih banyak itu dientaskan dulu. Itu lifestyle gaya hidup aja. Dampaknya ga banyak, justru akan dibully masyarakat. Wah, kepala daerah saya pakai mobil listrik sementara saya naik mobil aja ga bisa,” jelasnya.

Baca Juga :  Soal Koalisi Dengan PDIP, Gibran: Semua Bisa Dibicarakan

Walikota Solo, Gibran Rakabuming, menyebut permasalahan tersebut hanyalah masalah skala prioritas saja untuk kepentingan masyarakat.

“Pokoknya untuk masyarakat dulu skala prioritas daripada beli mobil baru,” katanya.

Seperti diketahui ada pula beberapa rencana pembangunan pasar di Solo yang menjadi konsentrasi Gibran. Meliputi Pasar Jongke dan Pasar Panggungrejo pada tahun 2023 mendatang.

Belum lagi banyaknya request dari kelurahan-kelurahan untuk membangun taman cerdas.

“Itu yang saat ini sedang dalam pembahasan dan menjadi skala prioritas. Wes ora sah diperpanjang masalah pembelian mobil dinas baru,” pungkasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com