JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

UNS Kirimkan 15 Orang  Relawan Dokter Spesialis Tulang dan Bedah Serta Tim Medis dan Resque ke Cianjur

Tim medis dan relawan yang dikirim UNS Surakarta ke Cianjur, mendirikan tenda mandiri / Foto: Istimewa
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta mengirimkan 15 relawan medis guna membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Dari 15 orang bantuan medis itu 7 orang adalah dokter yakni dua dokter spesialis ortopedi dan bedah, 3 dokter umum, 2 psikater.

Selain itu juga terdapat bidan serta tim pembantu medis dan relawan dari SAR UNS.

Sebanyak 15 tim medis UNS tersebut sudah berangkat dari UNS pada Selasa (22/11/2022) dan akan base di Cianjur dengan mendirikan tenda tersendiri.

Wakil Rektor Riset dan UNS, Prof Kuncoro Diharjo ST MT mengatakan, pengiriman relawan medis tersebut merupakan hasil analisa di lapangan yang mana untuk dokter ortopedi dan bedah sangat dibutuhkan.

“Kami bekerjasama dengan Ikatan Alumni UNS di Kabupaten Cianjur yang mana permintaan untuk dokter spesialis ortopedi dan bedah sifatnya mendesak,” ungkap
Prof Kuncoro Diharjo ST MT kepada JOGLOSEMAR, Kamis (24/11/2022).

Menurut Profesor Kuncoro panggilan akrabnya, sebanyak 15 relawan medis UNS tersebut akan bertugas selama 10 hari dan selanjutnya dievaluasi apakah dikirim dokter tambahan sebagai shift pengganti.

“Setiap hari dilakukan evaluasi up date kondisi lapangan termasuk kebutuhan yang perlu ditambahkan,” tandas Profesor Kuncoro.

Adapun untuk tim Resque juga terdapat 3 orang dari 15 relawan tersebut yang akan bergerak melakukan monitoring sikon up date guna dilaporkan ke Posko SAR UNS  untuk kebetuhan yang diperlukan.

Untuk operasional 15 tim tersebut ditanggung dibiayai langsung dari UNS sehingga bisa bertugas fokus karena semua fasilitas dipenuhi.

“Untuk bantuan bencana boleh dikata UNS selaku sigap dengan berbagai bantuan terutama tim medis yang andal,” pungkas Prof Kuncoro. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com