JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Baru 7 Bulan Berdiri, Umuka Sudah Jalin Kerjasama dengan 10 AUM dan 6 Mitra

Penandatanganan MoU antara UMUKA dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan 6 mitra Umuka / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Baru tujuh bulan berdiri, Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) telah menjalin kerja sama dengan 10 Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan 6 perusahaan berbasis bisnis peternakan.

Kerja sama tersebut untuk memperkuat fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang di Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aiysiyah (PTMA) dikembangkan menjadi Catur Darmase Perguruan Tinggi.

Kerja sama digalang juga untuk memperkuat fungsi  Al-Islam/Kemuhammadiyahan serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan dunia usaha maupun dengan dunia industri (DUDI).

Selain itu,  kerjasama tersebut merupakan upaya Umuka dalam rangka mengembangkan dan memajukan institusi pendidikan tersebut.

“Sebagai universitas baru berdiri, Umuka terus bereksplorasi diri dengan meraih peluang melalui  kerjasama sinergitas kemitraan strategis dengan banyak pihak,” ungkap Wakil Rektor II Umuka Sarilan M. Ali, M.Pd., kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (31/12/2022).

Menurut Sarilan panggilan akrabnya,
kerjasama dengan 6 mitra kerja diluar AUM sifatnya merupakan kelanjutan MoU Akademi Peternakan Karanganyar (Apeka) dengan mitra kerja yang sudah terlaksana bertahun-tahun sebelumnya, yang mana Apeka sudah diakuisisi oleh UMUKA.

Adapun keenam mitra kerja berbasis peternakan diluar AUM itu adalah  PT Pradipta Paramita, PT Lestari Farm, CV THR Farm, CV Mekar Mawar (MM Farm), Asosiasi Obat Hewan Indonesia (Asohi) Jateng dan HPDKI (Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia).

“Acara penandatanganan  MoU tersebut diharapkan dilanjutkan dengan realisasi sekitar Februari- Maret 2023,” tandas Sarilan.

Sedangkan penandatanganan nota kesepakahaman dilakukan Jumat (30/12/2022) oleh Rektor Umuka Dr. Muhammad Samsuri, M.S.I., dengan perwakilan lembaga yang menjalin kemitraan.

Namun khusus kerjasama Umuka dengan AUM merupakan peresmian tertulis karena antara Umuka dengan 10 AUM sudah sejak lama dilakukan kerjasama yakni semenjak pendirian Umuka.

Sebagai informasi, 10 AUM di bawah  Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar meliputi RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, Lazismu PDM Karanganyar, SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, SMA Muhammadiyah Darul Arqom, SMA Muhammadiyah 5,  SMK Muhammadiyah 1, SMK Muhammadiyah 2, SMK Muhammadiyah 3, SMK Muhammadiyah 5  serta SMK Muhammadiyah 6 Karanganyar.

“Setelah kerjasama ini selanjutnya Umuka mentargetkan bisa menjalin kerjasama skala nasional dan internasional.  Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com