JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Elektabilitas Tokoh, Ganjar Berjaya, Diikuti Prabowo dan Anies

Kolase Ganjar, Prabowo dan Aies / tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Ganjar Pranowo tetap memuncaki survei elektabilitas Capres 2024 dalam survei yang digelar oleh Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research.

Di bawah Ganjar yang memiliki elektabilitas 23,4 perseb, Prabowo menempati urutan kedua, yang ditempel ketat oleh Anies Baswedan di belakangnya.

“Ganjar unggul dalam bursa capres, disusul oleh Prabowo pada peringkat kedua yang dibayang-bayangi oleh Anies,” ungkap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam keterangannya, Kamis (29/12/2022).

Vivin mengatakan Prabowo memperoleh persentase elektabilitas sebesar 20,8 persen.

“Namun, tren dukungan terhadap Prabowo cenderung stagnan, dibayang-bayangi oleh Anies yang tengah menanjak, kini elektabilitasnya mencapai 19,7 persen,” kata dia.

Baca Juga :  Sejauh Ini Belum Ada Laporan WNI Jadi Korban Gempa Turki

Ganjar yang menikmati tren kenaikan dukungan publik sejak awal 2020, dan kini memuncaki bursa calon presiden.

“Jika tren Prabowo tak kunjung membaik, bukan tidak mungkin akan disalip oleh Anies, dan menjadi penantang kuat Ganjar,” tambah Vivin.

Vivin menambahkan elektabilitas Anies terus meningkat sejak awal tahun 2022 usai sebelumnya sempat anjlok pada masa awal pandemi Covid-19.

Sebaliknya dengan Ganjar, yang mendapatkan momentum saat pandemi, hingga berhasil menggeser sejumlah nama besar lainnya.

Tercatat misalnya Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno, yang sebelumnya berjaya, kini terlempar dari tiga besar.

Posisi keduanya bahkan terancam oleh Agus Harimurti Yudhoyono, yang meskipun kerap berada di jajaran enam besar, sekarang merangsek ke peringkat keempat.

Baca Juga :  Resmi Minta Maaf, Polda Metro Jaya Cabut Status Tersangka Almarhum M Hasya, Mahasiswa UI Korban Kecelakaan Maut

AHY meraih elektabilitas sebesar 5,1 persen, diikuti oleh RK 4,2 persen dan Sandi 3,7 persen.

“Dengan capaian tersebut, persaingan sengit berpotensi terjadi antara AHY, RK, dan Sandi dalam memperebutkan tiket calon wakil presiden,” jelas Vivin.

Untuk sementara, tiket capres berpeluang kuat dipegang oleh tiga nama yang menduduki klaster paling tinggi, yaitu Ganjar, Prabowo, dan Anies.

“Meskipun cenderung stagnan, tetapi Prabowo diuntungkan dengan posisinya sebagai ketua umum Gerindra dalam soal tiket,” lanjut Vivin.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com