JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa Aceh Singkil Magnitudo 6,2, Getaran Dirasakan Kuat Hingga Tapteng Aceh Selatan hingga Nias Utara

Gempa
Gempa Aceh Singkil. Dok. BMKG
   

ACEH SINGKIL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kejadian gempa Aceh Singkil dengan magnitudo 6,2 terjadi di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Senin (16/1/2023).

Peristiwa gempa Aceh Singkil terjadi sekitar pukul 05:30 WIB dengan pusat gempa berada pada 47 km Tenggara Kabupaten Aceh Singkil.

“Kejadian ini sempat menyebabkan warga sekitar panik. Karena gempa dirasakan 3-10 detik di empat kabupaten yakni Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Kabupaten Nias Utara, dan Kabupaten Aceh Selatan,” beber Abdul Muhari, Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB lewat keterangan tertulisnya.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor di Bandung Barat, 9 Orang Hilang dan 300-an Warga Ngungsi

BPBD Aceh Singkil segera menerjunkan tim reaksi cepat ke wilayah yang merasakan guncangan. Tim BPBD Aceh Singkil menelusuri wilayah lokasi guncangan untuk pengecekan potensi dampak kerusakan.

Aktivitas warga tetap normal pascakejadian ini. Hingga kini, dilaporkan tidak ada dampak korban jiwa.

Baca Juga :  Pengamat: Manuver NasDem Fokus untuk Selamatkan Partai, PKB tinggal Tunggu Waktu

BMKG merilis parameter gempa M6,2 berpusat di laut dengan kedalaman 23 km. Berdasarkan pemodelannya, gempa ini tidak memicu terjadinya tsunami.

BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD Aceh Singkil dan memonitor situasi pascagempa melalui Pusdalops BNPB.

Masyarakat diimbau untuk waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa susulan. Pastikan sumber informasi terkait gempa diperoleh dari sumber yang dapat dipertanggung jawabkan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com