JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Gibran Revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Usai Kubu PB XIII dan LDA Berdamai. Tim Kecil Segera Dibentuk

Usai berdamai, keluraga Keraton Kasunanan Surakarta berfoto bersama dengan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka di rumah dinas Loji Gandrung / Foto: Ando

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka bakal membantu dilakukannya revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta, namun dengan satu syarat, yakni kedua belah pihak yang berseteru berdamai.

“Ada syaratnya, kita nggak mungkin mbangun bagus-bagus tapi konflik lagi. Beda lagi nanti ceritanya,” ujar Gibran saat ditemui di Balaikota Solo, sebelum pertemuan makan siang, Rabu (4/1/2022).

Setelah hampir satu jam bertemu di acara makan siang bersama di Lojigandrung, akhirnya dua kubu yang berseberangan di internal Keraton Kasunanan Surakarta itu akhirnya sepakat untuk bersatu.

Sebagaimana diketahui selama ini, kedua kubu tersebut adalah kubu Lembaga Dewan Adat (LDA) dan kubu Sinuhun Pakoe Boewono (PB) XIII.

Baca Juga :  Dukung Ikon Baru Solo, Danrem 074/Warastratama Tanam 1.500 Pohon Buah di Solo Safari

Garwa Dalem GKR Pakoe Boewono mengungkapkan, bahwa di antara Sinuhun PB XIII dan Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA), GKR Wandansari atau biasa disapa Gusti Moeng sudah tidak ada lagi masalah, dan keduanya dinyatakan sudah bersatu.

Untuk itulah, dia meminta Pemerintah Kota Solo untuk segera merevitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta karena Sinuhun PB XIII juga telah memberikan izin.

“Sinuhun dan GKR Wandansari sampun nyawiji (sudah bersatu-red). Mboten wonten punapa-punapa (tidak ada apa-apa-red). Sinuhun menunggu Pemkot untuk memulai ┬árevitalisasi keraton. Sumangga dhawuh Sinuhun pun wiwiti (silakan, perintah dari Sinuhun untuk segera dimulai-red),” ujarnya saat ditemui usai acara makan siang bersama di Rumah Dinas Wali Kota Solo, Lodji Gandrung, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga :  Ketum Baru HIPMI Solo Diharapkan Mampu Kolaborasi Bareng Pemkot Pulihkan Ekonomi

Sementara itu, Ketua LDA, GKR Wandansari mengakui, jika Walikota Solo, Gibran Rakabuming telah mempresentasikan program revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta kepada pihak keluarga Keraton.

Menurutnya, dalam proses revitalisasi perlu adanya sinergi antar Pemkot Solo dan pihak Keraton. Dia pun mengusulkan adanya pembentukan tim kecil dalam waktu dekat, guna menyiapkan segala keperluan revitalisasi.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com