JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Keramas Baik untuk Kesehatan Rambut, Berapa Kali Dalam Seminggu?

Ilustrasi keramas, pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Keramas merupakan cara yang paling umum untuk membersihkan rambut. Keramas dengan sampo akan membuat rambut bersih dan wangi.

Mengutip Healthline, manfaat keramas juga ditentukan oleh seberapa sering atau intensitas jumlahnya. Intensitas keramas sebenarnya tak bisa disamakan untuk setiap orang.

Ada orang yang mungkin hanya butuh keramas beberapa kali dalam satu minggu. Tetapi ada juga orang yang mungkin harus keramas lebih sering, karena dipengaruhi banyak faktor.

Seperti jenis dan kondisi rambut, gaya hidup, hingga pekerjaan. Kebanyakan orang keramas setiap hari sebagai rutinitas. Tapi, terlalu sering keramas atau mencuci rambut saban hari sebenarnya tak harus selalu seperti itu.

Keramas terlalu sering menghilangkan sebum. minyak alami yang diproduksi kulit kepala. Padahal, sebum membantu melindungi helai rambut dari hilangnya kelembapan.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Tak hanya itu, keramas juga menyebabkan kulit kepala jadi kencang dan kering. Terlalu sering keramas bikin rambut kering dan rentan rusak. Seiring waktu, seseorang mungkin mulai mengalami efek samping rambut rontok.

Intensitas keramas

Kebutuhan keramas setiap orang berbeda. Mengutip Medical News Today, saran seberapa sering seseorang mencuci rambut menyesuaikan jenisnya. Rambut lebih cenderung kering jika tebal, keriting, atau faktor usia. Rambut jenis ini biasanya membutuhkan keramas setiap hari atau dua hari sekali.

Rambut akan lebih cepat berminyak jika tipis dan lurus. Orang yang mengalami perubahan hormonal, seperti pubertas, mungkin juga menemukan rambutnya lebih berminyak dari biasanya. Kebanyakan orang dengan masalah ini mencuci rambut hingga lima kali dalam satu pekan.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Kondisi kulit kepala seseorang juga berpengaruh terhadap kondisi rambut. Orang dengan kulit kepala yang sangat kering cenderung tidak menghasilkan banyak sebum. Tidak terlalu sering keramas justru membantu kulit kepala tetap sehat, mencegah gatal dan mengelupas, dan menjaga rambut tetap lembut.

Orang dengan kulit kepala yang sangat berminyak menyebabkan jerawat di kulit kepala. Kondisi seperti itu mungkin perlu mencuci rambut yang rutin agar rambut terlihat bersih. Penting pula untuk menggunakan sampo. Sebab, mencuci rambut sama seperti kulit. Partikel kotor tidak bisa terangkat hanya dengan air.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com