JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Elektabilitas Ganjar dan Anis Terkerek Naik, Prabowo Cenderung Turun

Pemaparan hasil survei oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) / republika
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Tiga nama yang merajai survei Capres 2024 masih berputar pada nama yang sama, yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Hanya saja, dalam setahun belakangan ini, terjadi tren naik turun di antara ketiga tokoh tersebut.

Di mana, Ganjar Pranowo mengalami kanaikan yang lumayan signifikan. Begitu juga Anies, juga mengalami kenaikan meski tak sebesar Ganjar.

Fenomena sebaliknya terjadi pada Prabowo, yang cenderung mengalami penurunan.

Fakta ini terungkap dari survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Founde SMRC, Saiful Mujani mengatakan, hal tersebut berdasarkan studi SMRC dari survei yang dilakukan pada Desember 2022 lalu.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

 

Ganjar cenderung naik dari 25,5 persen menjadi 33,7 persen sejak Mei 2021 hingga Desember 2022. Sedangkan Anies naik dari 23,5 persen menjadi 28,1 persen.

 

Untuk Prabowo mengalami penurunan dari 34,1 persen menjadi 26,1 persen.

“Ganjar naik dari 26 jadi 34. Anies juga naik walaupun tidak sekuat Ganjar 23-28 lima persen naiklah. Kalau Pak Prabowo dari 34 menjadi 26, delapan persen turun,” kata Saiful, sebagaimana dilansir dari Republika.

Sedangkan simulasi dengan tiga calon juga, kata dia, data dukungan publik cukup konsisten yakni Ganjar mendapat 33,7 persen, Anies 28,1 persen, dan Prabowo 26,1 persen. Yang belum menjawab 12,1 persen.

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

“Diantara calon ini kemungkinan yang masuk ke putaran kedua adalah Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, tetapi bisa aja ada waktu satu tahun kurang lebih, hingga 14 Februari 2024, bisa terjadi perubahan, bisa saja Prabowo menguat atau kan juga Anies, Ganjar melemah bisa saja terjadi perubahan,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi ini terjadi jika partai-partai politik mengambil keputusan sesuai dengan aspirasi pemilih. Sebagaimana dijaring dalam survei, maka calon presiden kemungkinan adalah Ganjar, Anies, dan Prabowo. Novida Rahmawati

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com