JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Kerjasama Dengan PT Sriboga, UNS Kembangkan Komoditas Porang Jadi Bahan Baku Tepung

UNS tandatangani MoU dengan PT Sriboga untuk mengembangkan komoditas porang menjadi bahan baku tepung / Foto: Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tengah mengembangkan komoditas porang sebagai bahan baku pembuatan tepung. Pengembangan komoditas tersebut dilakukan melalui  kerjasama dengan PT Sriboga Flour.

Menurut General Manager Commercial PT Sriboga Flour Mill Rike Sundari, diperlukan kontribusi dari akademisi untuk pengembangan porang sebagai bahan baku substitusi tepung terigu. Kontribusi dari akademisi diperlukan khususnya untuk riset.

“Harapannya pabrikan terigu tidak lagi tergantung pada gandum. Karena kita tahu, gandum ini impor,” ujarnya usai penandatanganan nota kesepahaman dengan UNS di Solo, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Rike menambahkan, dari hasil pencampuran gandum dengan porang yang dilakukan oleh pengusaha mi mitra kerja sama Sriboga, ternyata hasilnya jauh lebih baik dibandingkan hanya dengan terigu.

“Oleh karena itu, kami yakin porang ini mampu menggantikan gandum namun tidak 100 persen. Jika sudah substitusi gandum dengan pangan lokal maka itu luar biasa. Banyak membantu dari sisi ketahanan pangan lokal dan dari sisi devisa,” imbuhnya.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Ditambahkan Wakil Rektor Perencanaan Kerja Sama, Bisnis dan Informasi UNS, Sajidan, ke depan diperlukan upaya riset bersama agar kebutuhan terigu tidak hanya tergantung pada impor tetapi juga ada bahan-bahan substitusi produk asli Indonesia.

“Yang bisa memberikan nilai tambah baik secara kualitas maupun ekonomi. Ini yang bisa dilaksanakan bersama antara UNS dengan PT Sriboga,”  tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com