JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Koalisi Perubahan Belum Solid, NasDem Minta AHY Deklarasikan Anies sebagai Capres Lewat Forum Resmi Partai

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, Demokrat dan PKS ternyata hingga sekarang belum final dalam memberikan dukungan kepada Bacapres Anies Baswedan.

Pasalnya, baik Partai Demokrat maupun PKS, sampai detik ini belum mendeklarassikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 lewat forum internal partai secara resmi.

Karena itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali meminta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mendeklarasikan Anies Baswedan menjadi calon presiden (capres) 2024 lewat forum internal partai secara resmi.

Menurutnya, koalisi perubahan yang mendukung Anies Baswedan menjadi capres 2024 sejatinya belum terbentuk karena Demokrat-PKS belum mendeklarasikan diri lewat forum internal partai secara resmi.

“Jadi hari ini saya ingin mengatakan bahwa koalisi Anies Baswedan belum terbentuk. Jadi yang ada hanya pernyataan-pernyataan para ketua umum partai Demokrat, AHY menyatakan mendukung Anies itu kita tidak tau,” ujar Ahmad Ali saat dikonfirmasi, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?

Ali menuturkan bahwa saat ini baru NasDem yang telah memberikan dukungan kepada Anies Baswedan secara resmi yang diputuskan melalui forum Rapimnas Partai NasDem.

Dalam waktu dekat, kata Ali, dirinya mendengar bahwa baru Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang bakal segera menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) untuk mendeklarasikan diri mendukung Anies Baswedan menjadi capres 2024.

“Mekanisme pengambilan mendukung Anies itu lewat apa? itu apakah mekanisme pengambilan keputusan di partai Demokrat itu hanya seperti itu atau dibawa di forum resmi,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan ketiga partai politik (parpol) di bakal Koalisi Perubahan punya kesamaan untuk mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) di 2024.

“Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” kata AHY dalam keterangannya yang diterima, Kamis (26/1/2023).

AHY menuturkan dalam pembahasan tim kecil rencana Koalisi Perubahan sudah mendekati tahap finalisasi.

Baca Juga :  Usul Bansos Disetop Jelang Pilkada, KPK Diprotes Menko PMK

Menurutnya, dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan, sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental.

“Adapun terkait bacapres, sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bacapres 2024,” ujarnya.

AHY menyebut pihaknya juga menyerahkan kepada Anies terkait cawapres pendampingnya sebagaimana telah disampaikan Partai NasDem.

Ia mengakui jika Partai Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader utamanya sebagai bacawapres.

“Sebagai aspirasi selaku calon anggota koalisi, itu wajar,” ucap AHY.

Yang terpenting, lanjutnya, diskusi Bacawapres hendaknya tidak menghambat finalisasi koalisi.

“Kami rasional saja. Jangan sampai faktor penentuan Bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan,” ungkapnya.

Karenanya, AHY menambahkan Partai Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan bacawapres kepada bacapres yang diusung.

“Dengan demikian, tiga partai memiliki kesetaraan yang sama dalam koalisi,” imbuhnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com