JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sehat Selalu Yo Lur, Ini Darfar Sayuran Penurun Kolesterol

Brokoli / pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Gaya hidup tidak sehat dan sering mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi merupakan salah satu penyebab kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi jika dibiarkan maka akan meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu menerapkan pola hidup sehat dan menjaga pola makan sudah seharusnya dilakukan agar kolesterol bisa terkendali.

Dengan memperhatikan pola makan sehat dan mengonsumsi sayuran tertentu yang dapat membantu menurunkan dan mengelola kadar kolesterol.

Dilansir dari Eat This Not That, berikut lima sayuran terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol:

1. Bayam

Bayam mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan jantung. Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh karena serat dan kolesterol akan saling menempel sehingga dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Baca Juga:

11 Makanan yang Harus Dihindari Pasien Kolesterol Tinggi

2. Kubis

Kubis bagus untuk menjaga jantung yang lebih sehat, mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi dari serangan penyakit jantung. Kubis juga mengandung vitamin C yang sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah.

3. Asparagus

Asparagus adalah sayuran lain yang penuh nutrisi bermanfaat. Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kaya folat, asparagus juga membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

4. Brokoli

Brokoli lezat dan penuh nutrisi yang menyehatkan jantung dan membantu mengelola kolesterol karena memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Brokoli juga mengandung beta-karoten, yang membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat atau LDL dalam aliran darah.

5. Artichoke

Artichoke tidak seperti sayuran lain seperti brokoli atau bayam. Sayuran ini penuh vitamin dan mineral yang dapat membantu mengelola kolesterol. Artichoke tinggi serat, magnesium, dan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Sayuran ini juga mengandung vitamin K, yang membantu mencegah pembentukan gumpalan darah di dalam arteri dan dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com