JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Batal Dapat Perlindungan LPSK, Richard Eliezer Tetap Ditahan di Rutan Bareskrim Polri

Bharada Richard Eliezer (Kiri) / tempo.co
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Pasca dicabutnya perlindungan fisik oleh Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), maka Richard Eliezer Pudihang Lumiu, akan tetap ditahan di rumah tahanan Bareskrim Mabes Polri.

Selanjutnya, pengamanan Richard akan dilakukan oleh pihak rutan Bareskrim Mabes Polri.

Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas), Rika Aprianti mengatakan, untuk selanjutnya Ditjen Pas akan berkoordinasi dengan Bareskrim perihal pengamanan ini.

โ€œSampai saat ini Eliezer menjalankan pidananya di rutan Bareskrim. Tentunya itu pengamananan dilakukan oleh pihak dari rutan Bareskrim. Kami tentu berkomunikasi dengan rutan Bareskrim,โ€ kata Rika saat dihubungi, Sabtu (11/3/2023).

Baca Juga :  NasDem Mulai Bermanuver, PKS Tak Mau Bertemu Prabowo Sebelum Ada Ketetapan MK

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan sejak awal Mabes Polri telah memberikan perlindungan kepada Richard Eliezer. Pengamanan, kata dia, telah dilakukan sejak penyidikan awal, penuntutan, sampai persidangan.

โ€œSampai dengan saat ini kondisi kesehatan Eliezer baik,โ€ kata Dedi Prasetyo saat dihubungi.

Sebelumnya, LPSK telah memutuskan mencabut perlindungan Richard Eliezer setelah melakukan wawancara dengan Kompas TV.

Juru bicara LPSK, Rully Novian mengatakan pencabutan itu diputuskan karena Richard telah melanggar kesepakatan sebagai terlindung LPSK setelah bersedia wawancara dengan Kompas TV di dalam rumah tahanan Bareskrim Polri.

Baca Juga :  Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Sinyal Hak Angket Bakal Layu Sebelum Berkembang

LPSK sempat meminta agar wawancara tidak ditayangkan karena memiliki konsekuensi terhadap perlindungan Richard Eliezer. Namun, wawancara Richard tetap ditayangkan pada Kamis malam, 9 Maret 2023, pukul 20.30 WIB.

โ€œAtas hal tersebut, maka Kamis, 9 Maret 2023, LPSK telah melaksanakan sidang Mahkamah Pimpinan LPSK dengan keputusan menghentikan perlindungan kepada saudara RE,โ€ kata Rully saat konferensi pers di kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat, 10 Maret 2023.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com