JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Golkar dan PPP Hadiri Buka Puasa di NasDem, Satu Jam Airlangga Bicara dengan Surya Paloh. Sinyal Koalisi?

   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Dinamika koalisi antar partai sampai sejauh ini masih sangat cair.  Spekulasi-spekulasi baru bermunculan, termasuk dengan hadirnya Partai Golkar dan PPP dalam acara buka puasa bersama yang digelar Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (25/3/2023).

Kehadiran kedua partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu diduga sebagai sinyal bergabungnya mereka  dengan Koalisi Perubahan.

Sebagaimana diketahui, Partai Golkar bersama PPP dan Partai Amanat Nasional (PAN) sudah lebih dulu  bermitra dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Sementara Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bekerja sama dalam Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Sinyal pertama datang dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat ditanya ihwal peluang KIB berkoalisi dengan Koalisi Perubahan. Airlangga mengatakan bahwa koalisi besar pasti menguntungkan Indonesia.

“Jadi kita tunggu tanggal mainnya,” kata Airlangga di NasDem Tower, Sabtu (25/3/2023).

Usai berbuka puasa bersama, Airlangga bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh selama kurang lebih satu jam.

Airlangga hanya menjelaskan, mengingat ada faktor historis antara keduanya, maka mereka memutuskan untuk berbincang dan mengenang masa lalu. Sebelum ada NasDem, Paloh merupakan kader Partai Golkar.

“Jadi kita mengingat masa-masa indah dan ke depan berharap hubungan Partai NasDem dan Golkar selalu terjalin. Kebetulan Golkar sebagai salah satu partai paling tua tentu harus terbuka terhadap seluruh partai,” kata Airlangga.

 

Sinyal Senyuman

Dugaan sinyal kedua, kemungkinan bergabungnya KIB ke Koalisi Perubahan, diamini PPP meskipun secara tidak eksplisit.

Wakil Ketua Umum PPP Rusli Effendi mengaku hanya mendapatkan sinyal senyuman.

“Yang ada baru senyum-senyum. Baru senyum-senyum (sinyal),” kata Rusli di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (25/3/2023).

Rusli menyebut dirinya mewakili Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono untuk memenuhi undangan buka bersama yang digelar Partai NasDem di NasDem Tower.

“Saya mewakili Pak Mardiono tentu hadir silaturahim karena kan semua partai kan sahabat,” kata Rusli.

Sementara dugaan sinyal ketiga bergabungnya KIB ke Koalisi Perubahan terlihat jelas dari pernyataan PKS.

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan Koalisi Perubahan menyambut baik jika Partai Golkar hendak bergabung.

Dia menyebut koalisi ini memang mengundang semua partai yang mendukung gagasan perubahan dan perbaikan.

“Oh iya, kami mengundang semua yang datang, partai-partai yang mau koalisi dengan pembaharuan dan perbaikan akan kita sambut. Saya katakan welcome, kapan saja dan kita siap,” kata Aboe dalam acara berbuka puasa bersama di NasDem Tower.

Aboe menjelaskan, ketiga partai memang membuka komunikasi dengan partai di luar koalisi, seperti Golkar. Dia menyebut komunikasi itu sebagai hal yang lumrah.

“Komunikasi ini penting, jangan disekat-sekat komunikasi ketika anak bangsa ingin bersatu, jangan diganggu,” begitu kata Aboe.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com