JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Ratusan Orang di Solo Demo Tolak Timnas Israel Ikut Serta Piala Dunia U-20 Di Indonesia

Ratusan orang yang tergabung dalam Ormas Aliansi Solo Raya (ANSOR) saat menggelar demo menolak keikutsertaan tim Israel dalam Piala Dunia U-20 / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seratusan orang yang tergabung dalam ormas Aliansi Solo Raya (ANSOR) melakukan unjuk rasa atau demo di Bundaran Gladag, Solo, Jumat (17/3/2023).

Dalam aksinya,  sejumlah remaja Sekolah Menengah Atas (SMA) turut ikut serta menolak masuknya delegasi Israel saat penyelenggaraan Piala Dunia (Pildun) U-20 di Indonesia pada 20 Mei – 11 Juni 2023 mendatang.

Ketua ANSOR, Pambudi saat dimintai keterangan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tidak menerima kehadiran Timnas Israel ke Indonesia dengan alasan apapun.

Baca Juga :  Sejumlah Makanan Kadaluwarsa Ditemukan di Kantin Terminal Tirtonadi

“Kehadiran Timnas Israel ke Indonesia akan membawa konsekuensi turunan, misalnya menaikan bendera Zionis Israel dan menyanyikan lagu nasional mereka di setiap pertandingan. Padahal Indonesia tidak memiliki hubungan apa-apa dengan mereka,” ujarnya.

Pambudi menjelaskan, Indonesia sendiri telah memiliki konstitusi anti penjajah yang termaktub dalam UUD 1945. Sedangkan Israel telah dikategorikan sebagai negara crime againts humanity (kejahatan terhadap umat manusia).

“Termasuk sikap Presiden Joko Widodo dalam pidato yang disampaikan pada KTT OKI di Indonesia tahun 2016, menyerukan boikot terhadap produk Israel dan mendukung kemerdekaan Palestina,” bebernya.

Baca Juga :  Ketahuan Curi Motor, Maling Nekat Ceburkan Diri ke Kali Pepe: Warga yang Geram Lempari Pelaku dengan Batu

Pambudi kembali menegaskan, bahwa penolakan Timnas Zionis Israel ke Indonesia akan memperkuat citra Indonesia yang selama ini dikenal anti penjajahan dan mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

“Masukan-masukan dari Pimpinan Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI),
Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan ormas lainnya terkait amanah konstitusi negara yang termaktub dalam pembukaan UUD 45 bahwa penjajahan diatas dunia harus dihapuskan,” tandasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com