JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Ritual Sadranan di Lereng Merapi-Merbabu, Kearifan Lokal yang Terus Terjaga

Arak- arakan warga Dukuh Dungus, Desa Seboto, Gladagsari membawa tenong berisi aneka makanan dan jajanan pada Kamis (9/3/2023). Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Ritual nyadran atau sadranan digelar warga di Dukuh Dungus, Desa Seboto, Gladagsari pada Kamis (9/3/2023). Ritual diikuti warga di makam dukuh setempat.

Ritual diawali dengan arak- arakan warga yang membawa tenong berisi aneka makanan dan jajanan. Ada nasi tumpeng lengkap dengan lauk ayam utuh, sambel goreng dan krupuk. Ada pula aneka makanan kecil atau jajanan pasar.

Arak- arakan ke makam dukuh setempat pun semakin panjang karena warga dilewati ikut menyusul dibelakangnya. Sesampai di makam, tenong pun dibuka dan jajanan pasar pun dimakan bersama. Bahkan, para warga juga saling bertukar jajanan pasar yang dibawa.

Baca Juga :  Kurangi Volume Sampah, DLH Boyolali Buat Bank Sampah Induk, Cara Kerjanya?

Kemudian dilakukan doa tahlil yang dipimpin tokoh agama. Tujuannya, untuk mendoakan arwah leluhur. Usai tahlil, tibalah saatnya menikmati hidangan utama berupa nasi tumpeng dan lauk ayam. Semua nampak gembira, bahkan pengunjung dari luar pun tak perlu berkecil hati.

Pasalnya, warga dengan senang hati akan menawari makanan yang dibawa. Warga merasa gembira dan puas jika makin banyak yang turut menikmati makanan yang dibawanya. Mereka percaya dengan membagi makanan tersebut bakal membawa berkah bagi dia dan keluarganya.

Baca Juga :  Songsong Pemilu 2024, KPU Jateng Gelar Sosialisasi

Usai makan bersama, warga pun pulang ke rumah masing- masing. Namun perayaan sadranan belum juga usai. Pasalnya sesampai di rumah, warga akan membuka pintu rumahnya lebar- lebar. Mereka menantikan sanak keluarga maupun tetangga untuk saling berkunjung.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com