JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Semarak Kampung Ramadan di Solo, Ada Lomba Hadrah Berhadiah Umrah, Catat Tanggalnya

Gapura dan ornamen bernuansa Ramadhan mulai terpasang di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Solo / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo akan menggelar Kampung Ramadan selama 35 hari ke depan.

Pembukaan Kampung Ramadhan tersebut rencananya akan berlangsung pada Sabtu (25/3/2023) pukul 17.00 WIB di halaman Balai Kota Solo.

Menurut Kepala Bidang Seni Budaya Disbudpar, Orbawati, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan sang istri, Selvi Ananda direncanakan hadir saat pembukaan Kampung Ramadan tersebut.

“Acaranya nanti dibuka tanggal 25 Maret, Sabtu pukul 17.00 oleh Pak Wali Kota. Itu nanti berlangsung 35 hari sampai Lebaran. Kalau festival lampu sampai seminggu setelah Lebaran. Kampung Ramadan ini hampir sama dengan tahun lalu,” kata Orba saat dihubungi, Selasa (21/3/2023).

Pembukaan Kampung Ramadan kali ini juga terasa berbeda, karena bersamaan dengan peringatan Earth Hour atau Hari Bumi.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

“Rencananya Pak Wali memukul bedug sebagai penanda kita memulai Kampung Ramadan dan berpuasa selama 1 bulan. Festival lampu bernuansa Islami di Balai Kota, Pasar Gede sampai Gladagnya kita hidupkan. Kemudian setelah acara tarawih itu nanti jam 21.30, lampu yang semula hidup dimatikan. Sebagai penanda Hari Bumi, selama 1 jam. Kemudian nanti jam 22.30 dihidupkan lagi,” terangnya.

Event Kampung Ramadan ini nantinya juga akan dimeriahkan dengan penampilan hadrah, lomba hafalan Al Qur’An berhadiah umrah, pasar takjil dan juga festival lampu.

Pemerintah Kota Solo juga akan memberikan bantuan sebanyak 1.500 kilogram beras ke Kampung Jayengan sebagai bahan bubur samin.

“Kita tetap mengadakan penampilan grup hadrah yang ada di kota Solo. Kemudian kita mengadakan lomba hafalan Alquran itu dengan hadiah utama umrah. Juga support bantuan beras kepada kampung Jayengan untuk bubur samin selama satu bulan. Kita beri 50 kg per hari selama 1 bulan,” ujarnya

Baca Juga :  MK Tolak Permohonan Seluruh Gugatan Pilpres 2024, Gibran Tunggu Arahan Prabowo

Salah satu juri Master Chef Indonesia, Arnold Pornomo juga akan melakukan demo memasak saat pembukaan Kampung Ramadan nantinya. Namun pihaknya akan memastikan kembali terkait rencana ini.

“Master Chef Arnold itu beliau mau datang tapi kami belum berani memastikan masih belum dapat informasi yang jelas jadi masih tentatif. Kami tetap siapkan panggung atau space untuk Chef Arnold. Bisa juga demo memasak kalau memang Chef Arnold datang di jam 05.00,” tandasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com