JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Unsoed Dampingi  Upaya Pengembangan  Desa Wisata Cikakak, Banyumas

Bukit Pangaritan, salah satu potensi Desa Banjarpanepen yang kini mulai digarap serius sebagai destinasi wisata / Istimewa

BANYUMAS, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak enam pelaku desa wisata dari Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Minggu (12/3/2023) melakukan studi banding ke Desa Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas.

Diharapkan, seiring pendampingan yang dilakukan tim dari Universitas Jenderal Soedirman  (Unsoed), dua desa wisata ini ke depan bisa berkembang pesat.

Dalam studi banding itu, digelar  Workshop Penguatan Kelembagaan Desa Wisata – Kegiatan Manajemen Kelembagaan Bumdes, Pokdarwis dan UKM  di  Pendapa Giri Wisesa Desa Banjarpanepen.

Workshop difasilitasi oleh Tim Riset Dasar Unsoed (RDU), dengan jumlah peserta 30 orang. Terdiri terdiri  pelaku wisata dari Desa Cikakak dan Banjarpanenen.

Baca Juga :  Jadi Korban Pembacokan, Eks Ketua KY Jaja Ahmad Jayus Luka di Bagian Leher, Pelaku Masih Buron

Para pelaku wisata tersebut meliputi kepala desa, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kelompok Sadar Wisata  (Pokdarwis), Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Petugas Penyuluh Lapangan serta mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed.

Sementara itu, bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan ini, Tim dari Unsoed terdiri Drs Chusmeru M.Si, Dr Adhi Iman Sulaiman, SIP, M.Si, Dr. Nur Choirul Afif, S.E., M.Si, Dr Agus Ganjar Runtiko S.Sos, M.Si dan pemerhati pariwisata sekaligus jurnalis pendidikan dan pembangunan Drs. Prasetiyo, M.I.Kom.

Baca Juga :  Tak Selesai Ribut Lewat HP,  Berlanjut Bentrok Fisik, Pria Depok Ini Tewas Ditusuk Temannya

Ketua Tim Riset Dasar Unsoed (RDU) di Desa Wisata Drs Chusmeru, M.Si mengaku optimis, Desa wisata Cikakak di bagian barat Banyumas dan Desa Banjarpanenen di bagian timur Banyumas yang berstatus sebagai rintisan desa wisata dapat berkembang pesat. Kedua desa ini memiliki potensi alam, wisata, kuliner , seni  dan budaya yang hampir sama dan dapat diunggulkan.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com