JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Unsoed Dampingi  Upaya Pengembangan  Desa Wisata Cikakak, Banyumas

Bukit Pangaritan, salah satu potensi Desa Banjarpanepen yang kini mulai digarap serius sebagai destinasi wisata / Istimewa
   

BANYUMAS, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak enam pelaku desa wisata dari Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Minggu (12/3/2023) melakukan studi banding ke Desa Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas.

Diharapkan, seiring pendampingan yang dilakukan tim dari Universitas Jenderal Soedirman  (Unsoed), dua desa wisata ini ke depan bisa berkembang pesat.

Dalam studi banding itu, digelar  Workshop Penguatan Kelembagaan Desa Wisata – Kegiatan Manajemen Kelembagaan Bumdes, Pokdarwis dan UKM  di  Pendapa Giri Wisesa Desa Banjarpanepen.

Workshop difasilitasi oleh Tim Riset Dasar Unsoed (RDU), dengan jumlah peserta 30 orang. Terdiri terdiri  pelaku wisata dari Desa Cikakak dan Banjarpanenen.

Para pelaku wisata tersebut meliputi kepala desa, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Kelompok Sadar Wisata  (Pokdarwis), Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan Petugas Penyuluh Lapangan serta mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsoed.

Sementara itu, bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan ini, Tim dari Unsoed terdiri Drs Chusmeru M.Si, Dr Adhi Iman Sulaiman, SIP, M.Si, Dr. Nur Choirul Afif, S.E., M.Si, Dr Agus Ganjar Runtiko S.Sos, M.Si dan pemerhati pariwisata sekaligus jurnalis pendidikan dan pembangunan Drs. Prasetiyo, M.I.Kom.

Baca Juga :  Mobil Berkecepatan Tinggi Hilang Kendali dan Menggasak 3 Pedagang dan Satu Warga di Tangerang, 1 Tewas

Ketua Tim Riset Dasar Unsoed (RDU) di Desa Wisata Drs Chusmeru, M.Si mengaku optimis, Desa wisata Cikakak di bagian barat Banyumas dan Desa Banjarpanenen di bagian timur Banyumas yang berstatus sebagai rintisan desa wisata dapat berkembang pesat. Kedua desa ini memiliki potensi alam, wisata, kuliner , seni  dan budaya yang hampir sama dan dapat diunggulkan.

Drs. Chusmeru yang juga pengamat pariwisata dari Fisip Unsoed mengatakan, Desa Cikakak pernah  menjadi  juara umum pada event Gelar Desa Wisata Provinsi Jawa Tengah 2021.

Pernah pula meraih penghargaan dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kemenparekraf pada tahun 2021 pada kategori suvenir, telah  memiliki wisata andalan yakni masjid Saka Tunggal sebagai wisata religi, embung Sabang Maz dan belakangan yang sedang digarap, Pasar Wisata Antap.

Foto bersama peserta workshop Penguatan Kelembagaan Desa Wisata – Kegiatan Manajemen Kelembagaan Bumdes, Pokdarwis dan UKM yang diselenggarakan di Pendapa Giri Wisesa Desa Banjarpanepen, Kecamatan Sumpiuh, Banyumas, Minggu (12/3/2023) / Istimewa

Sedangkan atraksi wisata dan budaya yang ada berupa jaro rojab, Rewanda Bojana, Sadranan dan Sedekah Bumi. Untuk wisata kuliner di desa ini, ada nasi penggel, ayakm gecok dan Wajik Kethek.

Baca Juga :  Mobil Berkecepatan Tinggi Hilang Kendali dan Menggasak 3 Pedagang dan Satu Warga di Tangerang, 1 Tewas

Di Desa Banjarpanepen, lanjut Chusmeru, juga memiliki potensi wisata yang tak  kalah menarik, seperti Bukit Pangaritan, dan wisata religi Watu Jonggol  yang merupakan petilasan Gadjah Mada, wisata kuliner sate bebek setengah meter di objek wisata Sentana dan Curug Klapa yang masih dalam proses perintisan tahun 2023 ini,. Sedangkan tradisi yang ada seperti tradisi kungkum kali,Sadranan, dan Tenong Ambengan merpakan kearifan lokal yang harus terus dilakukan untuk mendukung pariwisata.

“Dengan keunggulannnya masing-masing, dua desa ini sangat berpotensi untuk maju, mendukung perekonomian nasional. Sesungguhnya, kemajuan ekonomi dan kebangkitan pariwisata nasional, diawali dari desa wisata,” ujar Chusmeru.

Desa Banjarpanepen, sambung Chusmeru,  berstatus sebagai desa rintisan wisata dimulai pada tahun 2013. Sejak saat itu, Tim Unsoed terus melakukan pendampingan hingga saat ini. Hanya saja, Desa Banjarpanepen kurang melesat cepat sebagai desa wisata, karena akses jalan berupa jalan pegunungan yang kurang lebar menuju ke beberapa destinasi yang ada. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com