JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Woro-woro: Selama Ramadan, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup

Kenampakan gunung Merbabu dari kejauhan / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Para pecinta alam atau pendaki gunung yang akan mendaki Gunung Merbabu harus bersabar. Pasalnya, seluruh jalur pendakian gunung tersebut ditutup sementara untuk pendakian pada Ramadan ini. Bahkan, penutupan berlangsung hingga Lebaran.

“Betul, semua jalur pendakian ditutup dan akan dibuka setelah Lebaran,” kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, Kamis (23/3/2023).

Baca Juga :  Memprihatinkan, Prasasti Sarungga di Cepogo, Boyolali  Merana, Belum Dilindungi Secara Arkeologis

Dijelaskan, penutupan jalur pendakian gunung Merbabu ini didasarkan adanya permintaan dari pengelola basecamp di pintu-pintu jalur pendakian. Hal itu untuk memberi kesempatan masyarakat agar khusyuk beribadah. Sekaligus untuk menghormati bulan Ramadhan.

“Dasarnya memang atas permohonan pengelola basecamp untuk beribadah dan menghormati Bulan Suci Ramadhan,” lanjutnya

Total ada lima jalur pendakian resmi gunung Merbabu. Yaitu jalur Suwanting dan Wekas di Kabupaten Magelang. Kemudian jalur pendakian Tekelan dan Cuntel di Kabupaten Semarang serta jalur pendakian Selo di Kabupaten Boyolali.

Baca Juga :  Seperti Ini Meriahnya Peringatan Hari Kartini di SMPN 2 Banyudono, Boyolali

Namun pasca pandemi Covid-19, hingga saat ini baru 4 jalur pendakian yang dibuka. Yaitu, Selo, Suwanting, Wekas dan Tekelan. Khusus jalur pendakian Cuntel masih ditutup. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com