JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Puluhan Ribu Warga Muslim Penuhi Halaman Edutorium UMS Surakarta untuk Tunaikan Salat Idul Fitri

Salat Idul Fitri di Edutorium UMS, Jumat 21 April 2023. Foto: UMS
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Puluhan ribu kaum muslimin memenuhi Halaman Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk menunaikan ibadah Salat Idul Fitri, Jumat 21 April 2023. Mereka bukan hanya berasal dari jamaah Muhammadiyah saja melainkan juga warga muslim dari beragam masyarakat umum.

Saking banyaknya warga muslim yang mendatangi Edutorium UMS, membuat panitia agak kewalahan untuk mengatur penempatan jamaah lantaran banyak titik lokasi yang sudah penuh dengan jamaah. Akhirnya panitia terpaksa memajukan barisan, membuka barisan baru hingga menutup pintu masuk mobil lebih awal untuk digunakan sof jamaah.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Warga tampak antusias untuk mengikuti Salat Idul Fitri tersebut. Mereka tak hanya berasal dari kaum muslimin yang berdomisili di sekitar Edutorium UMS saja melainkan juga datang dari berbagai daerah. Meski diikuti puluhan ribu jamaah, Salat Idul Fitri di Edutorium UMS berlangsung khidmat dan lancar.

Salat Idul Fitri di Halaman Edutorium UMS. Foto: UMS

Selaku khotib dalam salat tersebut adalah Prof Dr Sofyan Anif, Rektor UMS. Dalam khutbahnya, Sofyan Anif menyampaikan perlunya pembentukan karakter dan jati diri kaum muslimin. Momentum Ramadhan dan Idul Fitri adalah hal yang sangat baik untuk membentuk karakter warga muslim.

Baca Juga :  Kasus Catering di Solo Kena Tipu Hampir 1 Miliar, Ternyata Menantu Tipu Mertua dan Istrinya Sendiri

Usai menyampaikan khutbah, Sofyan Anif menyampaikan bahwa perbedaan dalam penentuan 1 Syawal adalah hal yang biasa lantaran perbedaan pendekatan metode. “Semua ada dasar hukumnya jadi tidak perlu diperuncing, yang penting salatnya sama-sama 1 Syawal,” ungkap Sofyan Anif. (ALI)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com