JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Sejumlah Benda Purbakala Ditemukan di Dekat Proyek Tol Yogya-Solo di Kawasan Klaten

penemuan benda purbakala
Penampakan benda-benda kuno yang ditemukan di Wonoboyo, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah beberapa hari lalu / tribunnews
   

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejumlah benda purbakala ditemukan di dekat proyek jalan tol Yogyakarta-Solo di wilayah Desa Wonoboyo, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten.

Sejumlah benda purbakala tersebut ditemukan dalam kondisi tidak utuh. Wujudnya menyerupai guci, cawan dan patung, yang ditemukan oleh warga.

Lokasi penemuan benda-benda tersebut berada di Dukuh Plosokuning tak jauh dari lokasi proyek jalan Tol Yogyakarta-Solo yang berada di desa setempat.

“Saya mencari rumput sore hari lalu lihat berkilau. Lalu saya gali sama teman dan ternyata ada benda-benda ini, pertama telihat ya tembaga itu,” ujar Penemu sejumlah benda purbakala, Sriyanto, Kamis (27/4/2023).

Ia mengatakan, sejumlah benda purbakala itu ditemukan pada kedalaman setengah meter di bawah permukaan tanah. Penemuan sejumlah benda purbakala tersebut sudah terjadi beberapa hari lalu.

Namun sejumlah benda purbakala tersebut baru diserahkan ke kantor desa setempat pada Selasa (25/4/2023).

“Kalau namanya yang saya temukan ini saya juga nggak tahu ini apa saja, karena nggak utuh. Saat ditemukan sudah lapor ke Pak Lurah dan Pak Carik untuk diamankan di kantor desa,” jelasnya.

Sementara itu, Kades Wonoboyo, Supardiyono, mengatakan, lokasi penemuan benda-benda itu dekat situs Wonoboyo atau dekat trase jalan tol Yogyakarta-Solo.

Menurutnya, tidak ditemukan emas atau perhiasan saat penemuan benda-benda kuno tersebut.

“Tidak ada emas atau perhiasan, sudah diamankan dan belum dibersihkan semua,” ujarnya.

Ia menjelaskan, beberapa benda yang ditemukan menyerupai mangkok, guci, tempat sesaji, arca dua potongan hingga nampan saji.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak terkait dengan temuan ini,” tukasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com