JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Takbiran di Masjid Saja Lur, Lebaran Tak Perlu Bermewah mewah

Lebaran
Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah bersama petinggi LDII Wonogiri dan pengasuh Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Umat muslim Wonogiri diimbau menggelar takbiran di masjid atau mushola dan lainnya. Masyarakat diimbau tidak menggelar takbiran dengan konvoi.

Selain itu untuk merayakan Lebaran 2023 tidak perlu bermewah mewah yang justru bakal memicu gangguan kamtibmas seperti tindak kejahatan.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah mengatakan merayakan hari raya Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444H tidak harus dengan bermewah-mewah. Misalnya mengenakan perhiasan yang menyolok di tempat umum.

Sikap seperti itu rawan mengundang penjahat yang akhirnya merugikan masyarakat itu sendiri.

Pun, jelang malam takbiran diimbau umat Islam khususnya para remaja melakukan tidak takbir keliling kota. Melainkan menggemakan takbir atau takbiran di masjid atau tempat ibadahnya sendiri-sendiri.

Imbauan tersebut dikemukakan Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah saat mengadakan safari tarwih keliling (Tarling) di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri, Selasa (18/4/2023) malam.

Baca Juga :  Daftar Potensi Pelanggaran Pilkada 2024 di Wonogiri, Bawaslu Ingatkan 4 Hal ini

Didampingi sejumlah perwira menengah di lingkungan Polres Wonogiri, Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah melakukan pertemuan dengan sejumlah pengurus pondok dan Yayasan Al Barru Wonogiri yang berada dibawah naungan LDII Wonogiri.

Menurut Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, jelang Lebaran kesibukan masyarakat mulai meningkat seiring pulangnya perantau ke daerah Wonogiri. Pihaknya mengajak masyarakat berhati-hati dan waspada karena situasi ini berdampak gangguan Kamtibmas juga mulai naik.

“Masyarakat pemudik yang mengambil uang ke bank dalam jumlah banyak misalnya sebaiknya minta pengawalan aparat kepolisian,” kata Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah sembari menambahkan pengawalan anggota Polri itu gratis atau tidak membayar.

“Mari kita ciptakan suasana aman dan tentram agar masyarakat yang merayakan lebaran dalam situasi kondusif. Silaturahim tidak diliputi was-was dan kekhawatiran yang berlebih. Ini tugas kita bersama baik jajaran Polres bersama TNI dan warga masyarakat luas khususnya keluarga besar Ponpes Al Barru ini,” ujar Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah.

Baca Juga :  Belajar Videografi Angkat Potensi Lokal Karangtengah Wonogiri

Pimpinan Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Ust Agung Susanto menyebutkan apa yang diharapkan Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah relevan dengan program pondoknya.

“Misalnya terkait kegiatan takbir keliling, sejak pondok ini berdiri sepuluh tahun lalu setiap lebaran tidak mengadaka takbir keliling. Mereka ya hanya melafalkan gema takbir di masjid,” terang Agung Susanto didampingi Pembina Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri KH Sunadi Ali Mustafa.

Agung Susanto yang Sekretaris DPD LDII Wonogiri ini memastikan warga sudah rutin bertakbir di tempat ibadahnya sendiri-sendiri.

Selain demi efisiensi dan efektivitas pihaknya berupaya menghindari pelaksanaan takbir keliling disalahgunakan dengan melanggar aturan lalu lintas.

Seperti mobil bak terbuka untuk mengangkut penumpang, naik sepeda motor dengan knalpot brong yang saat ini justru sedang gencar-gencarnya ditertibkan aparat kepolisian. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com