JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Breaking News, Kabar Duka Mbah Karno KD Pencipta Lagu Karawitan Asal Sragen Meninggal Dunia

   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kabar duka datang dari Mbah Karno KD (83) Seniman dan sekaligus pencipta lagu Karawitan asal warga Ngarum Rt 3 Rw 2, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah meninggal dunia, pada Senin (29/5/2023) sekitar Pukul 22:40 WIB.

Kabar meninggalnya mbah Karno KD pertamakali dikabarkan melalui status WhatsApp Sriyanto Saputro anggota DPRD Jateng dari fraksi partai Gerindra.

Tangkapan layar, kabar Duka mbah Karno KD pencipta lagu karawitan gaya Sragenan meninggal dunia | Huriyanto

Sriyanto Saputro dalam unggahannya di status WhatsApp menuliskan “Sugeng tindak Mbah Karno KD. penemu karawitan gaya Sragenan. Kuingat pesan terakhir (Februari 2023):
Mumpung aku isih urip, ayo rekaman Sekar Puri (grup karawitan putri) bareng Pak Sri😥😥 Semoga husnul khotimah,” tulisnya.

Dihubungi JOGLOSEMARNEWS.COM , Sriyanto Saputro membenarkan kabar meninggalnya mbah Karno KD, seorang seniman dan penciptaan lagu Karawitan gaya Sragenan yang paling terkenal.

Baca Juga :  Tragis, Warga Jepang Mengalami Kecelakaan Maut di Jalan Tol Sragen Ngawi KM 529.800 Wilayah Desa Singopadu, Begini Kondisinya

“Iya benar, barusan kabar duka itu. Besok pagi pemakaman jam 10.00 WIB,” kata Sriyanto Saputro melalui pesan WhatsApp.

Sosok Mbah Karno KD bagi Sriyanto Saputro sangat berkesan dan menjadi sosok seniman sejati dan terkenal di Sragen.

Foto pertemuan terakhir mbah Karno KD pencipta lagu karawitan gaya Sragenan saat rekaman bersama anggota DPRD Jateng Fraksi Gerindra, Sriyanto Saputro | Huriyanto

“Meskipun saya kenal dengan mbah Karno KD tepatnya setahun yang lalu, ketika saya tertarik mengangkat tema dan diskusi pada waktu itu dialog interaktif bertema melestarikan karawitan gaya Sragenan, waktu itu di Desa Ngarum, waktu itu mbah Karno penemu lagu karawitan gaya Sragenan,” jelasnya.

Sriyanto Saputro mengaku sangat kehilangan sosok mbah Karno KD pencipta lagu Karawitan gaya Sragenan yang sudah melegenda.

“Saya sangat merasa kehilangan dan saya punya kenangan tak terlupakan, pada bulan Februari yang lalu lewat keluarga besarnya menemui saya, yang bikin gregel kalimatnya waktu itu mumpung aku masih hidup ayo mbok sekar puri kelompok kerawitan wanita di kampungnya rekaman bersama pak Sri dan syukur syukur pak Sri bisa datang, lha waktu itu tidak ada satu minggu saya turuti saya adakan rekaman khusus lagu lagu karya mbah Karno KD bersama sekar puri,” bebernya.

Baca Juga :  Daftar Nama Calon Bupati Sragen 2024 Paling Kuat dan Terlemah Mulai Bermunculan di Masyarakat, Ini yang Paling Jadi Sorotan !

Pertemuan Mbah Karno KD dan Sriyanto Saputro juga mendadak tercipta lagu khusus untuk sosok Sriyanto Saputro selama mider dan membela masyarakat.

“Disitu yang saya bikin greget dan saya juga sempat dibuatkan gending lagu yang di khusus buat perjuangan saya judulnya angkleng atau berkelana seperti yang saya lakukan mider, saya sangat kehilangan karena beliau adalah aset Sragen dan nasional tentunya karawitan gaya Sragenan itu sangat di kenal,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com