JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ini Peta Pertarungan Ganjar, Prabowo dan Anies di 5 Provinsi Terbesar, Prabowo Dominasi di 3 Provinsi

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan / Sumber foto: Tribunnews / kolase: Suhamdani
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Peta pertarungan antara Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan terlihat menarik di lima provinsi terbesar di tanah air.

Peta pertarungan itu digambarkan oleh survei yang dilakukan oleh lembaga survei indonesia (LSI) Denny JA pada Mei 2023.

Dari lima provinsi tersebut, empat di antaranya berada di Pulau Jawa dan satu provinsi adalah Sumatera Utara yang oleh survei ini diklaim mewakili 57.6 persen populasi.

Lima provinsi terbesar dimaksud adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Banten.

“Jumlah pemilih di lima provinsi terbesar ini populasinya mencapai 57.6 persen dari populasi nasional,” sebut Denny JA dalam paparan survei, Senin (29/5/2023).

Dia menyatakan, di Jawa Barat saat ini yang unggul adalah Prabowo dengan perolehan 29 persen, diikuti Anies dengan perolehan 26.3%, dan Ganjar dengan 15%.

Sementara di Jawa Timur saat ini yang unggul adalah Ganjar dengan perolehan 35.3%, diikuti oleh Prabowo dengan perolehan 20.2%, dan Anies dengan perolehan 8.2%.

Baca Juga :  Jokowi Dikabarkan Telepon Hakim MK Tanyakan Hasil Putusan Sengketa Pilpres, Ini Penjelasan MK

Kemudian di Jawa Tengah, saat ini yang teratas adalah Ganjar dengan perolehan 55.2%, diikuti Prabowo dengan perolehan 20.4%, dan Anies dengan perolehan 4.3%.

Sumatera Utara, saat ini yang menang adalah Prabowo dengan perolehan 50,0%, diikuti oleh Anies dengan perolehan 32.6%, dan Ganjar dengan perolehan 16.2%.

Dia mengatakan, Banten yang merupakan provinsi terbesar ke-lima, saat ini unggul Prabowo dengan perolehan 48.2% diikuti oleh Anies dengan perolehan 17.5%, dan Ganjar dengan perolehan 17.5%.

Prabowo Subianto disebut dalam survei ini akan menang di 3 provinsi terbesar (Jawa Barat, Sumut, Banten) Ganjar menang di 2 provinsi terbesar (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

“Teritori Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi lumbung suara Ganjar. Di dua provinsi ini Ganjar mendapatkan dukungan terbesar,” ujarnya.

Baca Juga :  Refly Harunย  Yakin Adanya Intervensi terhadap MK Sejak Awal Persidangan

Dia mengatakan, dominasi Ganjar di Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa tergerus. Ini akan terjadi jika di dua provinsi terbesar itu menjadi pertarungan relawan jokowi pro prabowo vs relawan jokowi pro Ganjar.

DKI Jakarta tak Disebut

Sayangnya survei LSI Denny JA kali ini tidak menyebut Provinsi DKI Jakarta dalam target surveinya. DKI Jakarta pada Pilkada lalu, Anies Baswedan menang saat bertarung melawan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Denny JA menyebutkan, surveinya kali ini menggunakan metode tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1200 responden di seluruh Indonesia.

Dengan 1200 responden, margin of error survei ini sebesar 2.9%. Survei dilakukan pada tanggal 3-14 Mei 2023.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisa dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement dan focus group discussion.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com