JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Proses Pembuatan Gelang Haji: Ada Data di Dalamnya, untuk Satu Kloter Dibutuhkan Waktu 1-2 Jam

Nur Rohim (40) bersama lima temannya sedang melakukan -pembuatan gelang haji di Gedung Armina . Waskita
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo terus mengebut pembuatan gelang haji. Hal itu dilakukan seiring kedatangan para JCH dari daerah asal ke Asrama Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali.

Pembuatan gelang dilakukan di Gedung Armina oleh Nur Rohim (40) bersama lima temannya. Gelang haji nantinya wajib dipakai oleh setiap JCH sebagai JCH asal Indonesia dan tak boleh dilepas selama prosesi haji.

Dijelaskan, setiap gelang memiliki nomor paspor, kode daerah, nomor kloter dan nama yang bersangkutan. Fungsi gelang, jika jemaah haji asal Indonesia tersesat saat melakukan ibadah haji di tanah suci bakal mudah ditemukan.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

โ€œKalau ada jemaah tersesat maka bakal mudah ditemukan dan dikembalikan ke maktabnya sesuai identitas di gelang yang dipakai,โ€ ujarnya pada Selasa (6/6/2023).

Nur Rohim mengaku pembuatan gelang juga cukup mudah karena bahan logam monel sudah disiapkan dari rumah. Namun untuk pencetakan identitas menunggu data Siskohat. Pembuatan gelang untuk satu kloter, dibutuhkan waktu satu sampai dua jam.

Dia mengaku sudah terbiasa membuat gelang haji yang dia lakukan sejak 2003 lalu. Apalagi, dia juga memiliki keahlian membuat cincin dan gelang di tempat asalnya di Jepara. โ€œDari 2003 hingga kini, ya ditugaskan disini.โ€

Baca Juga :  Riuhnya Sepak Bola Api Bikin Santri di Ponpes Doglo, Boyolali Terhibur

Untuk identitas para calon jemaah haji dicetak menggunakan bahan kimia agar identitas tersebut timbul. Bahan gelang dari monel, sehingga tahan karat dan kuat di segala kondisi. Setelah identitas dicetak, gelang dibentuk lingkaran dan dibersihkan.

โ€œLalu diurutkan sesuai data yang ada sebelum dibagikan kepada jemaah. Jadi bisa dipastikan, satu jemaah mendapatkan satu gelang ini.โ€ Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com