JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Algoritma: Ganjar Terdepan, Prabowo Salip dan Tinggalkan Anies

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan / Sumber foto: Tribunnews / kolase: Suhamdani
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Elektabilitas Ganjar Pranowo masih yang tertinggi dibanding dua rivalnya, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Survei yang digelar oleh Algoritma Research and Consulting pada 29 Mei-10 Juni 2023 bahkan menunjukkan elektabilitas Ganjar dan Anies hampir terpaut dua kali lipat.

Sementara, di bandingkan dengan survei oleh lembaga yagn sama sebelumnya, elektabilitas Prabowo menyalip Anies dan meninggalkannya.

“Tiga nama yang masih konsisten menempati posisi elektoral tertinggi, yaitu secara berurutan untuk capres adalah Ganjar Pranowo 29,3 persen; Prabowo Subianto 24,6 persen; dan Anies Baswedan 16,9 persen,” ujar Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting, Aditya Perdana dalam paparannya, Selasa (27/6/2023).

Aditya menjelaskan, posisi nama capres itu berubah jika dibandingkan Survei Algoritma yang dilakukan 6 bulan lalu atau pada Desember 2022.

Baca Juga :  Gila-gilaan! UKT Mahasiswa Naik dari Rp 9 Juta Menjadi Rp 52 Juta, BEM Unsoed Pun Gelar Unjukrasa

Saat itu, urutan capres berdasarkan elektabilitasnya adalah Ganjar Pranowo 25,1 persen, Anies Baswedan 18,7 persen dan Prabowo Subianto 16,6 persen.

Lalu dalam simulasi tiga nama, nama capres Ganjar Pranowo masih menduduki posisi elektabilitas teratas dan mengungguli Prabowo serta Anies.

“Nah, seandainya simulasi tunggal tiga nama calon maka siapa yang akan punya kans untuk menang, maka Ganjar punya kans menang 34 persen, diikuti oleh Pak Prabowo 30,8 persen dan Pak Anies 22,1 persen,” kata Aditya.

Menurut Aditya, perubahan urutan dan elektabilitas para Capres itu terjadi karena para responden mempertimbangkan faktor ekonomi dalam memilih calon pemimpinnya, dibandingkan isu polarisasi.

Para responden cenderung memilih Capres yang diyakini bisa meneruskan program perbaikan ekonomi saat ini.

Baca Juga :  Banjir Bululondong Kecamatan Lamasi Luwu Dipicu Hujan 10 Jam hingga Tanggul Sungai Jebol

“Justru dalam survei kami ini nampak sekali apapun pilihan politiknya, bangsa ini punya perhatian besar yang sama yaitu pada isu pentingnya untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Aditya.

Untuk diketahui, survei Algoritma Research and Consulting dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terhadap 2.009 responden di seluruh Indonesia pada 29 Mei – 10 Juni 2023. Pengumpulan data dilakukan oleh 109 orang enumerator.

Survei dilakukan secara proporsional berdasarkan data pemilih di 34 provinsi di Indonesia. Hasil survei mewakili penduduk usia dewasa (usia pilih) secara nasional. Margin of error diperkirakan +/- 2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com