JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Diawali Deklarasi, Besok Pukul 10 Pasangan Prabowo-Gibran Mendaftar ke KPU

Menhan Prabowo Subianto saat menghadiri undangan Gibran di Loji Gandrung untuk makan malam, 27 Januari 2023 / Foto: Prihatsari
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka akan mendaftarkan ke KPU besok, 25 Oktober 2023 pukul 10.00 WIB.

Kabar tersebut dilansir, setelah KPU menerima surat pemberitahuan pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka, Selasa (24/10/2023).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu Idham Holik menuturkan pihaknya baru mendapatkan surat tersebut pada sore ini.

“Jam 15:00 WIB, KPU telah menerima surat pemberitahuan dari gabungan parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) tentang rencana pendaftaran bakal pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran,” ujar Idham, saat dihubungi Tempo, Selasa, 24 Oktober 2023.

Komisioner KPU itu mengatakan, dalam surat pemberitahuan disebutkan pasangan Prabowo-Gibran akan mendaftar pada jam 10.00 WIB.

Koalisi Indonesia Maju akan gelar deklarasi terlebih dahulu

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diusung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dri Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora dan Partai Garuda.

Baca Juga :  Hati-hati, di Pilkada Jatim Risma Bakal Jadi Pesaing Kuat untuk Khofifah

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan bahwa Koalisi Indonesia Maju akan menggelar acara deklarasi sebelum mendaftarkan pasangan Prabowo – Gibran ke KPU.

“(Daftar ke KPU) Diawali dengan deklarasi,” kata Airlangga saat ditemui di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Airlangga memastikan acara deklarasi itu akan dihadiri oleh seluruh anggota Koalisi Indonesia Maju. Akan tetapi, dia belum bisa memastikan dimana acara deklarasi itu akan digelar.

“Insya Allah ketua umum akan hadir,” kata Airlangga.

Status Gibran masih belum jelas

Pendaftaran tersebut dibayang-bayangi ketidakjelasan status Gibran Rakabuming. Pasalnya, dia merupakan kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang telah mengusung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Politikus PDIP, Deddy Sitorus, menyatakan pihaknya hingga saat ini belum menerima surat pengunduran diri dari putra sulung Presiden Jokowi itu. Dia pun berpesan agar Gibran keluar dari partainya dengan pemberitahuan seperti saat dia bergabung dahulu.

Baca Juga :  Gagas Desa Sehat, Tim PPK Ormawa PRISMA UMS Peroleh Hibah Kemendikbud Ristek 2024

“Datang tampak muka, pergi tampak punggung,” kata Deddy.

Sementara Gibran sendiri terus mengelak untuk memastikan statusnya sebagai kader PDIP. Dia hanya terus menyatakan telah bertemu dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN-GP) Arsjad Rasjid.

“Saya sudah komunikasi dengan Mbak Puan dan Pak Arsjad, itu saja jawaban saya,” ujarnya saat ditemui media di Balai Kota Solo, Senin, 23 Oktober 2023.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan menjadi pasangan ketiga yang mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan calon wakil presiden ke KPU. Sebelumnya, pada Kamis 19 Oktober 2023, dua pasangan calon lainnya sudah mendaftarkan diri. Mereka adalah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar serta pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com