JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

Revitalisasi WGM
Petugas memberikan imbauan kepada pengunjung Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Momen libur Lebaran 2024 diprediksi pemudik dan wisatawan bakal membanjiri Wonogiri.

Lantaran itu sejumlah pihak telah bersiap diri menyambut kedatangan mereka. Persiapan termasuk soal keamanan di tempat wisata.

Untuk diketahui kabupaten ujung tenggara Jateng, Wonogiri merupakan gudangnya objek wisata air. Sebut saja Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Pantai Klothok, Pantai Sembukan, Pantai Nampu, beserta sejumlah telaga maupun waduk lainnya.

Persiapan persiapan itu dibahas dalam rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan libur lebaran 2024 di ruang Rupatama Polres Wonogiri, Selasa (26/3/2024)

Rakor digelar dalam rangka menyamakan persepi supaya nantinya aktivitas masyarakat selama libur lebaran 2024 ini dapat berjalan aman dan nyaman.

Baca Juga :  Geger, Rumah Dibakar Massa di Setren Slogohimo Wonogiri

Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Agus Syamsudin, berujar aktivitas wisata selama libur Lebaran 2024 ini diprediksi mengalami peningkatan. Wisatawan lokal maupun luar daerah diprediksi akan banyak yang berkunjung ke tempat wisata atau kuliner di Wonogiri.

“Kami bertanggung jawab tidak hanya terkait arus lalu lintas tapi juga menjaga kamtibmas selama libur lebaran nanti, pos pengamanan dan pemantauan akan kita siapkan serentak seiring dimulainya Operasi Ketupat Candi 2024,” ujar Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Agus Syamsudin.

Pengamanan di tempat wisata harus benar-benar safety. Petugas di kawasan wisata air agar memahami apakah sudah sesuai SOP belum.

Baca Juga :  Di Posyandu As-Syifa Ponpes Al Ubaidah Kertosono Nganjuk, Menko PMK Muhadjir Effendy Sebut Ponpes Berperan Vital Cegah Stunting

“Cek kelengkapan keselamatan seperti pelampung. Jangan sampai ada kecelakaan air. Maka dari itu kita antisipasi,” kata Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Agus Syamsudin.

Kepala UPT Objek Wisata Wonogiri Pardianto menambahkan, momen libur Lebaran 2024 akan banyak masyarakat dari luar daerah mengunjungi Wonogiri baik dalam rangka pulang ke kampung halaman maupun liburan.

Dinas akan membuat surat edaran dalam rangka persiapan menghadapi libur Lebaran 2024. Pihaknya berharap para pengelola wisata dapat menindaklanjuti surat tersebut guna menciptakan kemananan dan kenyamanan wisatawan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com