JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Momen Letkol Inf Yoga Yastinanda Dandim 0725 Sragen Bersihkan Jembatan Tersumbat Pohon Bambu Penyebab Banjir di Kelurahan Karangtengah dan Tangkil

Momen Dandim 0725 Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda turun langsung membersihkan jembatan penghubung kelurahan Karangtengah dengan Desa Tangkil, Sragen, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan deras beberapa hari ini di kabupaten Sragen cukup tinggi, setidaknya beberapa wilayah langanan banjir bandang menjadi korban luapan anak sungai Bengawan Solo karena tak mampu menampung air. Akibatnya sejumlah tanah dan pohon dipinggiran sungai juga ikut bergerak dan hanyut terbawa air, hal itu justru membuat banjir semakin parah akibat air tak bisa mengalir lancar.

Disela-sela pembersihan aliran sungai Garuda turut tertangkap kamera warga, terlihat Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P terlihat sibuk bersama para prajurit TNI lain sedang membersihkan jembatan sungai penghubung antara Kelurahan Karangtengah dan Desa Tangkil, Kecamatan Sragen Kota, Sragen, Jawa Tengah beberapa hari lalu.

Aksi komandan Kodim 0725 Sragen itu justru kini tengah viral di medsos, aksinya yang ikut turun ke lapangan membersihkan pohon bambu penyebab banjir mendapat pujian dari sejumlah masyarakat Sragen.

Baca Juga :  Penurunan Angka Kemiskinan di Sragen Baik, Terhitung 2 Tahun Terakhir Jadi Peringkat Kedua Penurunan Angka Kemiskinan
Momen Dandim 0725 Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda turun langsung membersihkan jembatan penghubung kelurahan Karangtengah dengan Desa Tangkil, Sragen, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Terlihat dalam foto yang beredar terlihat Dandim Sragen bersama Babinsa dan Babhinkamtibmas bersama-sama membersihkan tumpukan sampah dan pohon bambu yang hanyut dan nyangkut di jembatan tersebut.

Pada JOGLOSEMARNEWS.COM Dandim 0725 Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda membenarkan aksi bersih-bersih saluran jembatan tersumbat tersebut. Menurutnya kerja bhakti penanganan perlu dilaksanakan segera untuk mengantisipasi terjadi Banjir dan jembatan putus.

Jembatan Grompolan adalah jembatan penghubung antara kel. Karangtengah dan Tangkil, jembatan tersebut sangat penting sehingga apabila tidak segera dibersihkan dari rumpun bambu yang menyumbat bisa mengakibatkan terjadinya banjir, dan bahkan bisa menyebabkan putusnya jembatan karena tidak mampu menahan arus sungai,” kata
Letkol Inf Yoga Yastinanda, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, Demokrat-Gerindra  Sragen Jalin Koalisi, PDIP-Golkar Makin Mesra

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan pembersihan dilakukan bersama-sama dengan pemerintah desa, BPBD, Polri, Damkar dan semua unsur.

“Saya berharap dengan adanya kerjabakti bersama sama antar instansi TNI Polri, pemerintah dan masyarakat di Sragen ini bisa mencegah terjadinya banjir di wilayah Tangkil, tidak perlu waktu lama akhirnya sampah bisa diangkat ke daratan, dan aliran sungai lancar kembali,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Triyono mengaku senang dengan datangnya bantuan personel dari TNI Polri.

“Personil BPBD dan relawan yang terbatas menjadi kendala saat terjadi bencana, Alhamdulillah ada TNI polri yang selalu sigap dalam membantu Pemerintah Daerah Sragen dalam menangani setiap permasalahan kebencanaan, kami mengerahkan 3 mesin Chainsaw untuk memotong kayu dan armada untuk mengangkut sampah,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com