JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

   

Dari Penjara ke Persaudaraan Setia Hati Terate

Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia, memiliki sejarah panjang yang penuh perjuangan. Dimulai dari semangat Ki Hadjar Oetomo, pendirinya, yang ingin mewariskan ilmu silat untuk kemaslahatan umat.

Awal Mula

Ki Hadjar Oetomo, seorang pemuda dari Madiun, Jawa Timur, berguru kepada Ki Ngabehi Soerodiwiryo dan menguasai ilmu Setia Hati. Ia bercita-cita untuk menyebarkan ilmu silat ini agar tidak hanya dikuasai kalangan elit.

Perjalanan Menuju Pendirian PSHT

Ki Hadjar bekerja di berbagai bidang, dari guru magang hingga mantri pasar. Semangatnya untuk mendirikan perguruan silat tak pernah padam. Pada tahun 1922, ia mendirikan Setia Hati di Pilangbangau, Madiun. Namun, perguruan ini dibubarkan oleh Belanda.

Baca Juga :  Cara Membedakan Jalan Nasional Provinsi dan Kabupaten, Cukup Lihat Warnanya Saja

Tak Gentar Melawan Penjajah

Ki Hadjar tak menyerah. Ia menyusun strategi dengan mendirikan “SH Sport Club” untuk mengelabui Belanda. Ia pun ditangkap dan dipenjara, namun semangatnya tak pernah padam. Di penjara, ia bahkan merencanakan pemberontakan.

Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate

Setelah dibebaskan dari penjara, Ki Hadjar mengubah nama SH Sport Club menjadi SH Terate. Pada tahun 1948, setelah kemerdekaan Indonesia, SH Terate berkembang pesat dan berubah menjadi organisasi “Persaudaraan Setia Hati Terate”.

Baca Juga :  Mirip-mirip Gibran, Rencana Pencalonan Bobby di Pilgub Sumut Bisa Picu Ketegangan DPD Golkar Sumut dan DPP?

Perjalanan PSHT hingga Saat Ini

PSHT terus berkembang di bawah kepemimpinan berbagai ketua. Saat ini, PSHT dipimpin oleh M. Taufiq dan telah menjadi salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia.

Semangat Ki Hadjar Oetomo

Kisah Ki Hadjar Oetomo dan PSHT merupakan contoh semangat pantang menyerah dan perjuangan untuk menyebarkan ilmu silat untuk kemaslahatan umat. PSHT terus berkontribusi dalam melestarikan budaya pencak silat Indonesia.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com