JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo “Balik Kerja” Gratis

Badan Pengelola keuangan Haji (BPKH) mengangkut 960 pemudik asal Solo kembali ke Jabodetabek. Lewat program "Balik Kerja 2024", para pemudik diberangkatkan Minggu (14/4/2024), dengan pelepasan di Asrama Haji Donohudan Solo. Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Badan Pengelola keuangan Haji (BPKH) mengangkut 960 pemudik asal Solo kembali ke Jabodetabek. Lewat program “Balik Kerja 2024”, para pemudik diberangkatkan Minggu (14/4/2024), dengan pelepasan di Asrama Haji Donohudan Solo.

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah mengatakan Program Balik Kerja Bareng BPKH 2024 ini merupakan bentuk  kepedulian BPKH kepada para pemudik yang hendak balik ke Jabodetabek tanpa dipungut biaya. Program ini merupakan program kedua yang dilaksanakan BPKH mengulang kesuksesan program balik kerja tahun 2023 yang dilaksanakan di tiga kota Surabaya, Semarang dan Yogyakarta.

“Tahun ini kita menambah satu kota yaitu Kota Solo. Karena ternyata antusiasnya tinggi sekali. Total tahun ini kita memberangkatkan 3600 peserta secara serentak di empat titik lokasi keberangkatan, yakni Surabaya, Semarang, Solo dan Yogyakarta dengan tujuan kedatangan Jabodetabek,” paparnya, Minggu (14/4/2024).

Fadlul menambahkan, melalui program yang dilaksanakan dua hari hingga Senin (15/4/2024) tersebut sekaligusmenjadi sarana syiar dan edukasi tentang BPKH dan edukasi mengenai pengelolaan keuangan haji. Program Balik Kerja bareng BPKH berkolabroasi dengan mitra kemaslahatan yakni Solo Peduli untuk kota Solo, BMM untuk Surabaya, DT Peduli untuk kota DI Yogyakarta dan Lazis Muhammadiyah (Lazismu) untuk kota Semarang.

Baca Juga :  Tingkatkan Literasi Sekolah Terpadu Lewat Program Nyalanesia

“Dari Solo, diberangkatkan 10 bus dengan total jumlah pemudik arus balik yaitu 960 peserta pemberangkatan hari pertama pada tanggal 14 april 2024 yaitu 480 peserta dan hari kedua pada tanggal 15 april 2024 yaitu 480 peserta. Antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan ini sangat terasa dengan cepatnya kuota pendaftaran yg terisi sebelum pendaftaran ditutup,” imbuhnya.

Sementara itu, para penumpang dari Solo akan turun di beberapa titik, yakni Terminal Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Baranangsiang, dan Terminal Poris. Fadlul berharap program Balik Kerja Bareng BPKH dapat membantu pemudik mengurangi pengeluaran transport untuk kembali ke Jabodetabek.

Baca Juga :  Gusti Bhre Beri Motivasi Wisudawan UNS, Mengenang Saat Dirinya Diwisuda Kebagian Duduk di Barisan Belakang

“Sumber biaya yang digunakan adalah hasil pengelolaan investasi dana abadi umat. Bukan dari setoran haji jemaah. Total anggaran dialokasikan dalam kegiatan ini sekitar Rp 2,7 miliar untuk empat kota. Dana yang digunakan untuk program kemaslahatan, hanya dari nilai manfaat hasil pengelolaannya saja. Dana pokoknya tetap utuh, tidak tersentuh,’’ tegasnya.

Di sisi lain, pelepasan pemudik dihadiri Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Solo Hery Mulyono, perwakilan Kapolres Solo, Direktur Utama Solo Peduli Sidik Anshori, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad, Kepala Pengelola Asrama Haji Donohudan Dyah Srimawarti, Wakil Komandan Kodim Surakarta Mayor Inf Suwarko, Kasikomsosdirga Dispotdirga Lanud Adi Soemarmo Letkol Kes Derry Ambardi, Kepala Seksi Pengawasan Operasional Penindakan dan pelanggaran Dishub Boyolali Tio Setiono, serta perwakolan Dinas Perhubungan Kota Solo. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com