JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mengenal SERASI, Pendongkrak Kemampuan Literasi dan Numerasi di Wonogiri

Literasi
Pelaksanaan SERASI di SMPN 3 Wonogiri. Dok. SMPN 3 Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kemampuan literasi dan numerasi di SMPN 3 Wonogiri berdasarkan hasil rapor pendidikan pada 2023 lalu ternyata masih dalam tingkat sedang.

Berkaca dari fakta itu akhirnya sekolah meluncurkan program SERASI abreviasi dari Selasa Literasi dan Numerasi.

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (2/4/2024), mengacu pada rapor pendidikan 2023 lalu kemampuan literasi dan numerasi masih dalam tingkat sedang. Akhirnya hal ini menjadi prioritas program untuk dibenahi.

Kepala SMPN 3 Wonogiri Ais Widayanti membeberkan untuk mendongkrak literasi dan numerasi sekolah harus berinovasi dengan mengadakan kegiatan pembiasaan bagi seluruh siswa. Alhasil setiap Selasa mulai pukul 07.00-07.30 WIB dihelat kegiatan SERASI untuk membiasakan siswa membaca, menulis, mendengarkan, bercerita, dan menganalisis.

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

SERASI dipandu oleh guru Bahasa Inggris Sri Rejeki Wulandari, sebagai koordinator serta bapak dan ibu guru wali kelas selaku pendamping kegiatan.

Pelaksanaan SERASI di minggu pertama diisi dengan literasi tiga bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa. Siswa menulis ucapan dalam tiga bahasa selanjutnya dipresentasikan di halaman sekolah.

Minggu kedua SERASI diisi numerasi, melalui pembuatan tulisan dengan menganalisa bangun ruang dan bangun datar yang ada di lingkungan sekitar sekolah atau rumah. Selanjutnya siswa mempresentasikan hasil tulisan masing-masing.

Isi kegiatan bervariasi setiap Selasa, diutamakan hal-hal yang berhubungan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Bencana Tanah Longsor di Sumber Nguneng Puhpelem Wonogiri, Lokasi Terus Dimonitor

“Dengan membiasakan peserta didik mengenal angka dan membuat suatu prediksi maka akan menambah pengetahuan mereka dalam menganalisis masalah dilingkungan sekitar dan meningkatkan kemampuan literasi numerasi,” ujar Kepala SMPN 3 Wonogiri Ais Widayanti.

Kepala sekolah turut berpartisipasi dalam memotivasi siswa dengan memberikan icebreaking seperti tepuk ganjil genap maupun memberikan quiz jawab bersambut ganjil genap.

“Inovasi sekolah SERASI bermanfaat bagi siswa untuk dapat menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila yaitu bernalar kritis. Dengan terus konsisten mengajak peserta didik untuk berliterasi terbukti hasil dari rapor pendidikan tahun 2024 SMPN 3 Wonogiri terjadi peningkatan kemampuan literasi dan numerasi menjadi baik,” tutur Kepala SMPN 3 Wonogiri Ais Widayanti. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com