JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kemarau, Cek Pompa Air Existing di Batuwarno Wonogiri

Pompa air
Pengecekan pompa air di Kelurahan Selopuro Batuwarno Wonogiri. Dok. Kodim 0728 Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Musim kemarau tiba, para petani di Kelurahan Selopuro Batuwarno, Wonogiri, mengandalkan pompa air untuk mengairi sawah mereka.

Menyadari pentingnya alat vital ini, Babinsa Koramil Batuwarno Serka (K) Ratri Widaningrum dan PPL Kelurahan Selopuro Batuwarno Budi Hartono melakukan peninjauan pompa air di Lingkungan Pendem dan Sidowayah Kelurahan Selopuro Batuwarno Wonogiri, Kamis (23/5/2024).

Menurut Budi Hartono, pompa air ini hanya dapat digunakan untuk tanaman jagung, kedelai, dan kacang tanah. Untuk pengairan padi, pompa ini tidak mencukupi karena keterbatasan sumber air. Saat ini, hanya aliran air kecil yang dapat dimanfaatkan.

Baca Juga :  Solusi Gagal Panen Jateng Tenggara, Brigade Alsintan Wonogiri Tebar Pompa Air

Di tengah musim kemarau, Budi Hartono memprediksikan kesulitan dalam mencari sumber pangan, terutama beras. Jika ada pun, harganya diprediksi akan mengalami kenaikan.

Serka (K) Ratri Widaningrum menjelaskan bahwa pemantauan dan peninjauan pompa air oleh Babinsa dilakukan untuk memastikan keberadaan dan fungsinya.

Pompa air ini sangat vital bagi para petani untuk mengairi lahan mereka saat musim tanam tiba. Oleh karena itu, keberadaan pompa ini harus dijaga dan dirawat bersama-sama agar tidak rusak atau hilang,” tegasnya.

Baca Juga :  Cara Daftar Nikah Online Gratis, Siapkan Dokumen ini Dulu

Lebih lanjut, Babinsa menambahkan bahwa pompa air ini dapat digunakan untuk mengairi lahan selama musim tanam. Oleh karena itu, ia selalu siap membantu warga binaannya, termasuk dalam hal pengecekan pompa air yang merupakan bagian penting bagi para petani untuk mengairi lahan mereka. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com