JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sudah Berseberangan, Menteri-menteri dari PDIP Masih Tetap di Kabinet Jokowi,  Ini Alasannya

Juru Bicara PDI Perjuangan, Chico Hakim | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Sudah menjadi pemahaman publik, bahwa belakangan ini PDI Perjuangan (PDIP) berbeda sikap dan pandangan  dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu memuncak bersamaan dengan ajang Pilpres 2024 yang diwarnai kontroversi.

Meski demikian, menteri-menteri dari PDI Perjuangan sampai sekarang masih setia berada di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin, dan tidak mengundurkan diri, selaras dengan sikap politik PDI Perjuangan.

Mengenai kondisi tersebut, politikus PDI Perjuangan Chico Hakim mengungkap alasan kader partainya yang masih tetap berada di Kabinet Indonesia Maju meski kini mereka tak sejalan lagi dengan Presiden Jokowi.

Chico mengatakan, kader PDIP bekerja secara profesional sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing sebagai menteri.

Baca Juga :  Elektabilitas Masih di Bawah 50%, PKB Yakin Khofifah Masih Bisa Dikalahkan

“Pada prinsipnya menteri-menteri kami di kabinet bekerja secara profesional berada di bawah arahan Presiden Joko Widodo ketika bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing sebagai menteri. Dari jabatan menteri seperti Menteri Hukum dan HAM juga menteri yang lain-lain,” ujar Chico saat dihubungi Tempo Sabtu (15/6/2024).

Ia mengatakan, masyarakat juga bisa menilai menteri-menteri asal PDIP bekerja secara profesional. Kader PDIP sendiri bisa membedakan antara sikap partai politik dan apa yang sudah menjadi tugas seorang menteri. Di samping itu, Chico juga mengatakan sedikit banyak PDIP memiliki hak untuk berada di dalam pemerintah. Karena PDIP menjadi pendukung Presiden Jokowi untuk memenangkan pemilihan presiden (pilpres) sampai dua kali.

“Bahwa menteri dari PDI Perjuangan bekerja secara profesional dan bisa memisahkan antara politik dan sikap-sikap partai dengan apa yang sudah menjadi tugasnya di Kementerian.” ucap Chico.

Baca Juga :  Politisi PKS Sebut, Pelantikan 3 Wakil Menteri oleh Jokowi Perlu Dipertanyakan, Ini Sebabnya

Hingga saat ini tercatat beberapa menteri yang berasal dari PDIP masih berada di pemerintahan Jokowi. Mereka antara lain Menkumham Yasonna Laoly, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Seperti diketahui, dalam Pilpres 2024 lalu, PDIP berbeda jalan dengan Presiden Jokowi. Partai Banteng memilih mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md sedangkan Jokowi dianggap mendukung pasangan Prabowo-Gibran. Gibran adalah putra sulung Jokowi. Hasilnya, pasangan yang didukung Jokowi itu menang di Pilpres 2024.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com