JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Babak Empat Besar Piala Presiden 2018 : PSMS Kalah Telak 1-4 dari Persija

 

SOLO-Persija Jakarta berhasil menaklukan PSMS Medan dengan skor telak 1-4 pada leg pertama babak empat besar Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (10/2/2018). Keberhasilan Persija menapakan satu langkah menuju babak final dan memiliki modal besar untuk menaklukan PSMS pada leg kedua. Pada pertandingan leg kedua yang juga akan digelar di Stadion Manahan pada Senin (12/2/2018) mendatang, Persija Jakarta bertindak sebagai tuan rumah.

Pada pertandingan leg pertama, Striker Marko Simic tampil menawan. Striker asak Kroasia ini berhasil menorehkan tiga gol (hattrick), sementara satu gol lain Persija dicetak Jaimerson Da Silva. Meski bertindak sebagai tuan rumah, PSMS harus mengakui keunggulan Persija dan hanya dapat mencetak lewat gol tunggal Wilfried Yessoh.

Jalannya Babak Pertama

Pada babak pertama dimulai, Persija langsung unggul cepat. Belum genap empat menit laga berlangsung, eksekusi tendangan bebas Marko Simic meluncur deras dan menggetarkan gawang PSMS yang dikawal kiper Abdul Rohim, skor 0-1.

Keunggulan cepat ini, kepercayaan diri skuat Macan Kemayoran semakin ganas. Tiga menit setelah gol Simic, Rezaldi Hehanusa merupakan pemain Timnas U-23 itu hampir menggandakan keunggulan Persija. Rezaldi melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, namun bola hanya menerpa mistar gawang. Memasuki menit ke-10, Persija kembali mendapat peluang untuk menambah keunggulan. Lagi-lagi melaluii eksekusi tendangan bebas Marko Simik membahayakan, namun kali ini tak tepat sasaran.

Baca Juga :  Tokoh Lintas Agama dan Kepercayaan Dukung Pilkada Damai untuk Kenyamanan Kota Solo

Satu menit kemudian, Simic langsung membayar kegagalan tersebut lewat gol keduanya. Gol kedua Simic berawal dari umpan panjang ke kotak penalti yang dilanjutkan dengan umpan tandukan kepala Ramdani Lestaluhu disontek Simic dengan sebuah sepakan kaki kiri. Bola hasil sepakannya tak mampu digagalkan Abdul Rohim dan mengubah angka pada papan skor menjadi 0-2 untuk keunggulan Persija Jakarta.

Semangat dan kepercayaan diri skuat Macan Kemayoran semakin menjadi. Belum sempat merespons gol tersebut, gawang PSMS kembali bergetar pada menit ke-15. Umpan silang Rezaldi Hehanusa dilanjutkan tandukan kepala Jaimerson Da Silva. Gol itu memaksa Abdul Rohim memungut bola dari gawangnya untuk kali ketiga. Skor 0-3.

Skuat Tim Ayam Kinantan baru dapat merespons dengan menekan balik tujuh menit kemudian. Wilfried Yessoh mendapat ruang tembak dan melepaskan tendangan ke gawang, namun kelewat lemah dan dapat diamankan kiper Andritany. Tekanan PSMS berlanjut pada menit ke-25, namun lagi-lagi gagal. Sepakan Alwi ke tiang jauh hanya menghasilkan tendangan gawang.

PSMS kembali hampir kecolongan. Lagi-lagi Marco Simic mengancam setelah mendapat situasi berhadapan satu lawan satu dengan Abdul Rohim. Beruntung bagi PSMS lantaran sang penjaga gawang mampu menggagalkan upaya Simic. Memasuki menit ke-38,, bola hasil sepak pojok Persija disambut Marco Simic dengan sebuah sundulan yang hampir menambah keunggulan Persija. Beruntung ola masih dapat diblok pertahanan PSMS.

Baca Juga :  Bawaslu Sragen Tolak Dugaan Langgar Kode Etik, Begini Sanggahan Mereka

Skuat Ayam Kinantan berhasil memperkecil ketertinggalan melalui serangan balik dan sukses pada menit ke-41. Bola muntah daroi tepisan penjaga gawang Andritany terhadap sepakan Sadney Urikhob dimanfaatkan Wilfried Yessoh dengan sebuah sepakan yang menggetarkan gawang Persija. Skor berubah menjadi 1-3 dan bertahan hingga babak pertama selesai.

Jalannya Babak Kedua

Babak kedua dimulai, Persija Jakarta terus memberikan tekanan terhadap pertahanan PSMS. Pada menit ke-49, Persija hampir memperlebar jarak keunggulan. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Abdul Rohim, Ramdani Lestaluhu gagal mencetak gol. Sepakannya mampu digagalkan oleh sang penjaga gawang. PSMS membalas lewat tendangan Wilfried Yessoh enam menit berselang, tetapi hasilnya bola hanya menyamping dari gawang. Sementara respons Persija lewat peluang jarak dekat Riko Simanjuntak dapat digagalkan Abdul Rohim.

Pada menit ke-75 Persija kembali berhasil memaksa pertahanan PSMS bungkam. Lewat aksi striker Marko Simic Macan Kemayoran menambah keunggulan. Gol ini tercipta dari umpan terobosan Ismed Sofyan, Simic yang menerima bola dengan baik tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Abdul Rohim. Marko Simic dengan tenang memperdaya sang penjaga gawang dengan sebuah sepakan kaki kiri, skor pun menjadi 1-4. Hingga akhir pertandingan, jual beli serangan terus terjadi. Namun, tidak menghasilkan gol tambahan. Hingga babak kedua berakhir, skor tetap 1-4 untuk keunggulan Persija Jakarta. Satria Utama