JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Inilah Alasan Paspampres Larang Anies Baswedan Dampingi Jokowi Serahkan Hadiah ke Persija

sumber: facebook
sumber: facebook

JAKARTA-Video yang beredar berisi rekaman Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dicegah oleh pasukan pengamanan presiden (Paspampres) saat hendak menuju ke podium untuk mendampingi Presiden Joko Widodo menyerahkan hadiah Piala Presiden bikin heboh masyarakat. Apalagi vidio itu kemudian viral ke dunia maya.

Pertama kali video tersebut direkam oleh pengguna akun Facebook Ali Ghuraisah, saat momen penyerahan hadiah juara Piala Presiden yang dimenangkan oleh Persija Jakarta, Sabtu (17/2/2018) malam.

Baca Juga :  Dulu Bersaing di Pilkada DKI Jakarta, Kini Sandiaga Uno dan Djarot Saiful Hidayat Gabung Tim Sukses Menantu Jokowi di Pilkada Kota Medan

Rekaman vidio itu pun langsung memancing kehebohan. Berbagai tanggapan dari para tokoh bermunculan mempertanyakan larangan tersebut. Bahkan komentar beragam juga muncul di media sosial.

Informasi yang diterima redaksi, atas perlakuan Paspampres kepada Anies tersebt langsung mengundang pihak Presiden Jokowi menanggapinya.

Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengaku nama Anies tidak disebutkan oleh panitia acara untuk diminta naik ke podium bersama Presiden Joko Widodo, Menpora dan lainnya.

Baca Juga :  Melanggar Protokol Kesehatan Covid-19, Sebanyak 24 Warga Kota Banda Aceh Dihukum Menghafal Surat Pendek Alquran

Dikatakan Bey, Paspampres hanya mengikuti prosedur, hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh panitia acara.

Tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden. Hal itu tidak ada arahan apa pun dari Presiden Joko Widodo untuk mencegah Anies Baswedan naik ke podium. Karena kegiatan itu bukan acara kenegaraan sehingga panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah.

marwantoro