JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Tujuh Siswa SD Muhammadiyah PK Solo Raih Medali Olimpiade Matematika di Thailand

Para siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo yang berhasil memborong medali di Thailand. Dok SD Muh PK
Para siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo yang berhasil memborong medali di Thailand. Dok SD Muh PK

SOLO-Tujuh siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat  Solo sukses meraih juara dalam ajang Final Round Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) yang digelar di Bangkok, Thailand, (Senin-Kamis, 19-22 Pebruari 2018) lalu.

Ke tujuh siswa tersebut yaitu Grendi Maulana W meraih Bronze Award (Primary 2), Amira Hasna meraih Bronze Award (Primary 2), Aisyah Syafira PW meraih Silver Award (Primary 3), Muhammad Zidane RH meraih Bronze Award (Primary 3), Mufliha Syifa Husna  meraih Silver Award (Primary 4), Mikayla Martana Hadi meraih Bronze Award (Primary 4) dan Livia Khoirina I meraih Bronze Award (Primary 5).

Final round Thailand Internasional Mathematical Olympiad (TIMO) diikuti oleh 391 peserta yang berasal dari enam negara, yaitu Indonesia,  Thailand,  Bulgaria,  Iran,  Hong Kong,  Philipina.

Baca Juga :  Ilmu Komunikasi UMS Berhasil Mendapat Akreditasi A, Akan Membuka Konsentrasi Peminatan Sesuai Kebutuhan Pasar

“Peserta lomba terdiri dari Primary 1 hingga senior second. Kegiatan Final Round dibagi menjadi 3 kegiatan utama. Hari pertama diisi dengan uji coba lomba yang diselenggarakan di Ambassador Hotel,” kata Muhammad Arifin, Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Selasa (28/2/2018).

Kegiatan ke dua, yaitu lomba utama yang diselenggarakan di Wat That Thong School (sekolah setara SMP).  Sedangkan hari ke tiga, prize award ceremony, yaitu penyerahan hadiah yang bertempat di Show DC.

Baca Juga :  Bantuan Pulsa untuk Guru, Dosen dan Pelajar Akan Diluncurkan Akhir September. Simak Teknisnya Berikut!

Andi Arfianto, selaku guru pendamping lomba menyatakan sangat bangga dengan prestasi tersebut. “Kami sangat bangga dan gembira atas prestasi para siswa tahun ini bisa juara di level internasional,” ujarnya.

Menurutnya, ini adalah pertama kali sekolah bisa mewarnai kejuaraan di level internasional.

Muhamad Arifin, yang juga Wakasek Bidang Kesiswaan berharap bahwa prestasi ini bisa menjadi penyemangat keluarga besar SD Muhammadiyah PK Kottabarat untuk terus bekerja  keras.

“Kesuksesan hari ini di level internasional semoga lebih memotivasi siswa yang lain untuk bisa berprestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik,” imbuhnya.(Marwantoro)