JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Cak Nun Sebut Polemik Perang Pernyataan Amien Rais VS Luhut, Seperti Penyakit Kudis

Emha Ainun Najib. Foto/Tempo.co
   
Emha Ainun Najib. Foto/Tempo.co

YOGYAKARTAPolemik perang pernyataan antara Ketua Dewan Kehormatan PAN,  Amien Rais dengan Menko Kemaritiman,  Luhut Binsar Pandjaitan memantik respon dari budayawan Emha Ainun Nadjib. Budayawan yang akrab disapa Cak Nun itu menilai saling serang pernyataan itu menunjukkan bahwa dinamika politik di Indonesia saat ini tak ubahnya permainan sepakbola yang kacau dan penyakit kudis.

Cak Nun mengibaratkan sistem dan dinamina politik di Indonesia seperti permainan sepak bola yang aturannya sudah tak jelas.

“Kita ini ibarat sudah kacau sepakbolanya sehingga menendang bola kemanapun selalu salah bagi yang lain,” ujar Cak Nun saat ditemui di kediamannya di kampung Kadipiro, Yogya, Jumat (23/3/2018).

Baca Juga :  Lebaran Sudah Lewat, Tapi Masih Ada Perusahaan di DIY Belum Bayar THR

Polemik perang urat syaraf itu mencuat ketika Amien Rais mengkritik pembagian sertifikat tanah yang selama ini dilakukan Presiden Jokowi. Politikus PAN itu menyebut program Jokowi tersebut sebagai tindakan yang membohongi publik. Tak lama setelah komentar Amien, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengancam membuka dosa pengkritik pemerintah yang asal-asalan.

Menurut Cak Nun, polemik tersebut tak ubahnya seperti rasa gatal dari kudis di tubuh Indonesia yang kemudian setelah digaruk sembuh tapi terjadi lagi.

Baca Juga :  Senggol Motor Saat Mendahului, Pelajar SMP di Kulonprogo Ini Jatuh dan Dihantam Pikap Hingga Tewas

“Saya enggak bisa jawab soal kudis, wong darahnya yang kotor kok,” ujarnya.

Ketidakjelasan arah politik inilah yang membuat Cak Nun malas ikut campur dalam polemik politik yang terjadi di Indonesia.

“Aku tak gawe lapangan dewe sing bener wae, mainke sing bener (Saya bikin lapangan sendiri saja, memainkan yang benar saja),” ujarnya.

Menurut Cak Nun, Indonesia membutuhkan pemimpin yang tak berpihak pada golongan A atau B.

“Tapi sepertinya masyarakat juga sudah lupa butuh pemimpin yang tak berpihak,” ujarnya terkait polemik Amien dengan Luhut Panjaitan.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com