JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Ini Cara Unik Dishub Kota Semarang Agar Masyarakat Mau Gunakan Zebra Cross

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Tribunnews

SEMARANG – Banyak cara untuk meningkatkan minat seseorang untuk melakukan sesuatu yang baik. Termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan zebra cross saat menyeberang jalan.

Nah,  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang punya cara yang unik untuk mengubah perilaku masyarakat yang masih suka menyeberang jalan sembarangan agar memanfaatkan zebra cross demi keamanan.

Cara yang dilakukan adalah dengan membuat lukisan unik 3 dimensi agar menarik perhatian orang menyeberang lewat zebra cross.

Dishub Kota Semarang  baru saja menyelesaikan pembuatan pola animasi di jalur penyeberang jalan (zebra cross).

Adapun dua pola animasi yang sudah dibuat oleh petugas Dishub tepat berada di depan Gedung Balaikota Semarang, Jalan Pemuda dan Tempat oleh-oleh Jalan Pandanaran.

Baca Juga :  Mengharukan, Kisah Perjuangan Siswa MTs di Grobogan, Rela Jadi Kuli Bangunan agar Bisa Beli Smartphone untuk Ikuti Pelajaran

Kepala Dishub Kota Semarang Muhammad Khadik mengungkapkan bahwa proses pembuatan animasi itu baru rampung pada Jumat (23/3/2018) malam lalu.

“Baru saja rampung kemarin malam. Pola yang kita buat bergambar dua tokoh ulat dalam serial film animasi, seekor anak burung, dan tulang ikan pindang,” ucap Khadik, Minggu (25/3/2018).

Lebih lanjut, ia mengaku pembuatan zebra cross dengan pola animasi tidak akan menganggu pengguna jalan.

Apalagi khususnya para pejalan kaki yang menyeberang di ruas Jalan Pemuda.
Pasalnya, ia menganggap keberadaan pola animasi tersebut justru untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan fasilitas zebra cross sebagai alat bantu menyeberang jalan.

Baca Juga :  Tertangkap Gubernur Buang Limbah ke Bengawan Solo, Petinggi Perusahaan asal Karanganyar Bernama Edy Langsung Keder. Sempat Mengelak Tapi Akhirnya Ampun-ampun!

“Saya yakin tidak akan mengganggu kok. Malahan di era yang semakin maju seperti saat ini, sesuatu yang unik jadi gampang diingat masyarakat,” tuturnya.

Menurut Khadik, gambar animasi di permukaan zebra cross jadi bagian kampanye untuk menggalakan program warga sadar memakai zebra cross.

Semua pola-polanya akan kita sempurnakan demi kenyamanan pejalan kaki dan juga pengendara,” terangnya.

Pihaknya memastikan, sudah ada empat pola yang dibuat di permukaan zebra cross.

“Ke depannya, kami akan menggarap pola lagi. Target kita tujuh zebra cross dengan pola macam-macam akan dibuat di jalan-jalan yang padat dilewati kendaraan,” tambah Khadik.

www.tribunnews.com