JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kebakaran Hebat di Sambirejo Sragen. Gara-gara Kabel Amburadul, Satu Bangunan Rumah Luluh Lantak

Ilustrasi kebakaran. Foto/Wardoyo
Kebakaran hebat di Blimbing, Sambirejo Senin (5/3/2018) malam. Foto/Polsek

SRAGEN– Masyarakat tampaknya harus mulai waspada terhadap sambungan kabel instalasi listrik di rumah. Pasalnya jika sambungan kabelnya amburadul dan tak standar, silap mata bisa fatal akibatnya.

Seperti kejadian yang menimpa Saidi (54) Sarg Dukuh Jatirejo RT 3, Blimbing,  Sambirejo ini. Ia harus merelakan bangunan rumah belakangnya habis jadi abu setelah dilalap si jago merah yang bersumber dari korsleting kabel di rumahnya.

Insiden kebakaran hebat itu terjadi Senin (5/3/2018) tengah malam pukul 24.45 WIB. Kebakaran terjadi di tengah malam saat pemiliknya sedang terlelap.  Beruntung tak ada korban jiwa lantaran pemilik berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum api meluluhlantakkan rumahnya.

Baca Juga :  Duh Gusti, Guru SMPN Mondokan Asal Sragen Tertangkap Razia Satpol PP di Karangmalang. Total 46 Pelanggar Masker Akan Dilaporkan ke Gubernur, 30 Orang Harus Bayar Rp 50.000

Informasi di lapangan,  api kali pertama diketahui istri korban,  Kasinem (53). Saat tengah tidur,  ia tiba-tiba dikejutkan dengan suara ledakan dari rumah bagian belakang.

Saat bangun mengecek,  ia sudah dihadapkan pemandangan kobaran api melahap rumah bagian belakang verukuran 9×4 meter. Ia langsung menjerit dan berteriak histeris.

Konstruksi bangunan yang terbuat dari kayu membuat kobaran api makin tak terkendali.

Meski warga berjibaku membantu pemadaman dan datang mobil pemadam,  api tetap tak bisa dikendalikan.  Api baru bisa padam setelah bangunan luluh lantak jadi abu.

Baca Juga :  Sempat Menolak Dites, Kades Trombol Mondokan Sragen Malah Positif Terpapar Covid-19. Kini Diisolasi di Technopark, 5 Saudaranya Juga Positif Semua
Kondisi rumah korban luluh lantak. Foto/Polsek

Kapolres Sragen,  AKBP Arif Budiman melalui Kapolsek Sambirejo AKP Sudira membenarkan adanya kejadian itu. Dari hasil olah TKP,  terungkap bahwa kebakaran dipicu korsleting listrik di rumah korban.

“Tidak ada korban jiwa kerugian material Rp 10 juta. Dari lokasi kita amankan dua buah kabel sepanjang 10 meter yang terbakar. Pemicunya sambungan kabel di ruangan dapur memang amburadul dan Asal-asalan serta kabel yang di gunakan tidak memenuhi standar SNI,” tandasnya. Wardoyo