JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kisah Perjalananan Hidup Pendiri Matahari Dept Store. Ternyata Sempat Bangkrut, Kepincut Nama Toko Berbahasa Belanda

Foto/Tribunnews
Foto/Tribunnews

BOGOR – Kepergian tragis bos pendiri Matahari Dept Store, Hari Darmawan Sabtu (10/3/2018) menyisakan cerita duka hingga kisah membanggakan. Ya,  kepergian bos pemilik dept store terbesar di Indonesia itu memang terbilang cukup tragis.

Namun di balik itu, kepergian Hari menyisakan kisah hebat seputar perjalanan kesuksesan pria yang meninggal di usia 78 tahun itu, mampu merintis toko Matahari yang kini merajai di negeri ini.

Harus diakui,  Hari memang dikenal jenius dalam membangun bisnisnya di bidang Retail.

Namun kesuksesannya juga datang melalui perjuangan panjang. Hari ternyata harus merintis usahanya itu dari nol akibat keterbatasan biaya.

Keluarganya mengalami kebangkrutan usaha pada tahun 1950-an. Hal tersebut membuat Hari kecil harus berjuang keras untuk menjalankan usaha tersebut dari nol lagi.

Namun tak patah semangat, Hari kecil berjuang keras dengan tekad dan keuletan dirinya.

Baca Juga :  Bantuan Kuota Internet Dibagi Dua Paket, Ini Penjelasan Menteri Nadiem

Karir bisnisnya itu diawali dengan pernikahannya dengan sang istri, Anna Janti.

Hari kemudian membeli toko milik mertuanya sebesar 1 juta rupiah dengan cara mencicil.

Toko itu pun kemudian ia beri nama ‘Mickey Mouse’. Dilansir dari berbagai sumber, toko Mickey Mouse milik Hari dan Anna Janti menjual baju impor dan serta baju buatan istrinya dan kemudian diberi merk MM Fashion.

Penjualan dari toko milik Hari cukup baik, mereka memiliki konsumen tersendiri. Namun toko mereka masih kalah jauh dari pesaingnya, Toko De Zon.

Toko tersebut terletak di sebelah toko mereka. Toko De Zon memiliki pelanggan tetap yang rata-rata adalah pejabat serta orang kaya.

Sehingga Hari langsung berpikir keras bagaimana bisa seperti Toko De Zon.

Baca Juga :  Penularan Covid-19 Berasal dari Orang-orang Terdekat

Nasib baik sepertinya memang berpihak pada Hari Darmawan. Pemilik toko De Zon pada tahun 1968 dikabarkan mengalami kesulitan keuangan.

Ia pun berniat ingin menjual tokonya. Tanpa berpikir panjang, Hari pun bergegas membeli toko besar itu empat tahun kemudian.

Hari Darmawan dan sang istri dengan semangat merenovasi toko itu. Hingga akhirnya pada 15 Desember 1973, ia membuka toko barunya itu dengan nama Matahari.

Namun sebenarnya, dari mana asal usul nama Matahari itu ? Nama Matahari ternyata berasal dari arti kata nama tokonya terdahulu, De Zon.

De Zon dalam bahasa Belanda berarti Matahari. Nama itulah yang kemudian dijadikan oleh Hari Sebagai brand nama yang akhirnya booming dan menjadikan toko Matahari menjadi salah satu Department Store termahsyur. Tribunnews