JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

MotoGP Qatar: Dovi Menangi Duel Lawan Marquez, Rossi Podium Ketiga

Dovizioso dan Marquez saat beradu kencang di sirkuit Losail, Qatar, Minggu (18/3/2018). Foto: Motogp.com
Dovizioso dan Marquez saat beradu kencang di sirkuit Losail, Qatar, Minggu (18/3/2018). Foto: Motogp.com

QATAR-Balapan perdana MotoGP 2018 di Qatar, Mingggu (18/3/2108) berlangsung sengit. Pebalap tim Ducati, Andrea Dovizioso, akhirnya berhasil meraih juara meski di awal balapan sempat tercecer di belakang.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Dovi berhasil finis pertama usai memenangi balapan yang ketat. Memulai balapan dari posisi kelima, Dovizioso sempat tercecer di posisi ke delapan pada awal balapan. Namun perlahan Andrea Dovizioso berhasil merangsek ke posisi terdepan dan menggusur Johann  Zarco.

Posisi kedua, pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez, yang memulai balapan juga dari posisi kedua. Marquez dan Dovi sempat beradu kencang bahkan di tikungan terakhir Marques berusaha keras mendahului, namun upayanya gagal saat melawan pebalap Ducati tersebut. Marquez harus puas di posisi runner up.

Sedangkan posisi ketiga menjadi milik pebalap Yamaha, Valentino Rossi yang memulai balapan dari posisi kedelapan. Pebalap tim LCR Honda, Cal Crutchlow di posisi keempat diikuti Danilo Petrucci.

Rekan satu tim Valentino Rossi, Maverick Vinales, yang sempat tercecer di urutan 18 akhirnya mampu finis posisi keenam. Sedangkan Johann Zarco yang justru memimpin balapan sejak lap pertama sampai lap ke-17, harus puas finis di posisi kedelapan.

Usai balapan, Marquez mengaku sudah berusaha keras menyalip Dovizioso, namun dia mengakui keunggulan mesin Ducati yang ditunggangi lawannya tersebut.

“Itu sudah semuanya. Saya sudah mencoba memacu hingga 100 persen. Saya tahu bahwa ini merupakan lintasan yang paling sulit bagi saya. Saya sudah berada di ambang batas kemampuan saya. Saya mencoba menutup sisi depan, kehilangan cengkraman di lini belakang,” katanya.

Pembalap asal Spanyol itu sebenarnya berhasil menyalip Dovi pada saat menikung harus puas berada di posisi kedua setelah motor Honda RC 213 miliknya kalah cepat ketimbang motor Ducati Desmosedici GP 18 tunggangan Dovi.

Meskipun demikian kesempatannya untuk mempertahankan gelar juara MotoGP tahun ini masih terbuka lebar karena masih tersisa banyak balapan. Seri MotoGP selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, pada 8 April mendatang.

Yang menarik adalah aksi Rossi yang mampu naik podium ketiga meski harus memulai balapan dari urutan kedelapan. Pebalap paling senior di MotoGP itu mampu mempertahankan performa terus berada di kelompok lima besar selama balapan berlangsung dan akhirnya bisa finish ketiga. Marwantoro |

www.tempo.co