JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Takut Kehabisan, Tiket Mudik Lebaran Sudah Bisa Dibeli Mulai Hari Ini Lho!

Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA –  Saat ini belum masuk masa puasa, dan lebaran masih lama. Namun, penjualan tiket mudik lebaran yang menggunakan moda transportasi kereta api (KA) akan dimulai pada 7 Maret 2018 ini.

Masyarakat pasti akan memburu tiket mudik yang dijual oleh PT Kereta Api Indonesia dengan menggunakan berbagai platform. Indra Yonathan, Co-Founder & Country Head Shopback Indonesia menyarankan, masyarakat lebih bijak dalam menentukan kapan akan membeli tiket untuk mudik.

Hasil survei menunjukkan, sepertiga atau 33,2% responden mengaku akan membeli tiket mudik Lebaran 1-2 bulan sebelum Lebaran, 26% membeli tiket pada H-7 Lebaran, 20,5% membeli 2-3 minggu sebelum Lebaran dan bahkan 16,7% membeli tiket pada 3-4 bulan sebelum Lebaran.

Baca Juga :  Viral Surat Nikah dan Perjanjian Cerai Soekarno Dijual, Harga Dibuka Rp 25 Miliar. Pihak Penjual Disebut adalah Cucu Inggit Garnasih

“Alasan membeli tiket mudik jauh sebelum Lebaran agar tidak kehabisan tiket, serta di waktu tersebut harga tiket dinilai jauh lebih murah,” paparnya.

Survei yang dilakukan terhadap 1.200 responden, di lima kota besar di Indonesia, termasuk Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar ini menunjukkan, volume transaksi pembelian tiket untuk mudik Lebaran akan mengalami peningkatan sebanyak tiga kali.

Periode pertama terjadi di minggu pertama sampai kedua Maret, kemudian pada April hingga pertengahan Mei 2018. Kemudian terakhir akan kembali terjadi pada H-7 Lebaran.

Selain itu, Yonathan juga mengingatkan, sebaiknya masyarakat juga memanfaaatkan promo pembelian di beberapa platform e-commerce. Biasanya beberapa saluran penjualan tiket akan memberikan diskon atau potongan harga yang menarik.

Baca Juga :  Terdampak Protokol Kesehatan, Harga Paket Umrah Diperkirakan Naik 10 Persen

“Jadi akan lebih baik konsumen dapat melakukan pembelian selagi promo tersebut masih ada.” imbuhnya.

Responden survei tersebut mengaku sebagian besar akan melakukan pemesanan tiket secara online baik itu melalui platform e-commerce maupun situs resmi maskapai, armada serta kereta api.

Lebih dari 75% responden mengaku membeli tiket melalui aplikasi mobile platform e-commerce tersebut.

Selama mudik lebaran ini, Shopback juga menawarkan program mudik murah meriah Shopback.

Pembelian tiket kereta api yang dilakukan di Shopback akan mendapatkan cashback hingga Rp 150.000.

www.tribunnews.com