loading...
Loading...
Panwaslu Sukoharjo menurunkan baliho bergambar ketua parpol.

SUKOHARJO-Panwaslu Sukoharjo terus menggeber penertiban media sosialisasi Pemilu 2019 dari partai politik (parpol).

Anggota Panwaslu Sukoharjo Divisi Hukum Penindakan dan Pelanggaran, Eko Budiyanto, menegaskan penertiban tidak sebatas menurunkan APK pasangan calon (paslon). Penertiban juga menyasar spanduk maupun baliho bergambar ketua umum parpol peserta Pemilu 2019.

“Ada beberapa partai politik yang menampilkan spanduk dan baliho bergambar ketua umum dan pejabat partai lainnya,” jelas dia, Rabu (7/3/2018).

Di antaranya reklame Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Reklame itu tertulis “Muhaimin Iskandar Cawapres 2019”.
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga menampilkan ketua umumnya, M Romahurmuziy dalam reklame bertuliskan “Mari Bersatu Membangun Indonesia”.

Baca Juga :  Begini Lho Prinsip Pengelolaan Dana Desa yang Benar Itu. Mesti Bisa Dimanfaatkan Semua Warga

Reklame-reklame tersebut, ujar dia, melanggar Undang-Undang Pemilu 7 Tahun 2017 tentang iklan kampanye. Menurut dia, reklame bergambar ketua umum partai politik merupakan salah satu bentuk citra diri partai politik.

“Sekarang definisi kampanye bukan hanya untuk menyampaikan visi misi, melainkan juga memasukkan definisi citra diri. Citra diri yang dimaksud bisa berupa foto orang dan logo parpol,” tandas dia.

Panwaslu akan memberikan teguran kepada partai yang menampilkan reklame-reklame tersebut. Bila sanksi tegurannya diacuhkan, maka partai politik terakait akan diberikan sanksi adminsitratif.

“Pasal 492 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengatur ancaman pidana paling lama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 12.000,000,” jelas dia.

Baca Juga :  1150 Bibit Matoa Sirsak Rambutan Hingga Alpukat Ditanam di Desa Kunden Kecamatan Bulu Sukoharjo, Ternyata Dalam Rangka Ini

Adapun masa kampanye Pemilu dimulai pada 23 September 2018 sampai 13 April 2019. Selanjutnya, masa tenang pemilu 2019 akan berlangsung pada pada 14-16 April 2019. Pemungutan suara dilakukan tanggal 17 April 2019. Aris Arianto

Loading...