JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Awas, Jembatan Utama Penghubung Sragen-Jatim Ambles dan Nyaris Ambrol. Kendaraan Roda Empat Dari Solo Dialihkan ke Ringroad Utara!

Kondisi Jembatan Gambiran, Sine, Sragen di jalur utama Sragen ambles dan nyaris ambrol. Arus kendaraan dilewatkan lajur utara. Foto/Wardoyo
Kondisi Jembatan Gambiran, Sine, Sragen di jalur utama Sragen ambles dan nyaris ambrol. Arus kendaraan dilewatkan lajur utara. Foto/Wardoyo

SRAGEN– Jembatan Gambiran, Sine, yang terletak di jalur utama Jalan Raya Sukowati diketahui sudah rusak berat dan nyaris ambrol. Akibat kejadian itu, arus kendaraan roda empat dari arah Solo terpaksa ditutup total.

“Sudah hampir seminggu lebih. Awalnya hanya retakan ternyata melebar dan sepertinya ada yang patah. Setiap dilewati kendaraan berat bergerak. Sudah membahayakan,” ujar Bambang, salah satu warga Sine, Sragen, Kamis (5/4/2018).

Pantauan di lokasi, jembatan di atas Sungai Gambiran itu kondisinya sudah cekung bagian tengah sebelah selatan. Badan jembatan juga sudah ambles sehingga setengah badan jembatan terpaksa ditutup dengan tolo-tolo dan traffic cone.

Baca Juga :  Buntut Video Viral Ratusan Pelamar Berdesakan Sampai Terinjak-Injak di Pabrik Boneka Masaran Sragen, Dinas Isyaratkan Sanksi. Sekda: Biar Jadi Pembelajaran Perusahaan!

Pemasangan itu sudah sejak sepekan lebih dan arus kendaraan roda empat dan pengendara dari arah Sragen dibuatkan jalur melewati separuh badan jembatan sebelah utara. Sementara arus kendaraan roda empat dari arah Solo ditutup total. Kendaraan roda empat dan berat dialihkan melewati ruas jalur ring road utara melalui pertigaan pungkruk.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati tak menampik Gambiran di Sine, Sragen Kota memang nyaris ambrol dan sejak sepekan terakhir hanya dibuka satu lajur. Menurutnya Pemkab sudah berencana mengajukan dana Rp 2,4 miliar melalui mekanisme mendahului anggaran untuk memperbaiki jembatan yang berada di jalur utama penghubung Solo-Surabaya tersebut.

Baca Juga :  Cabup Sragen, Mbak Yuni Terungkap  Punya Harta Kekayaan Total Rp 5,7 Miliar dan Utang Rp 1,5 Miliar. Harta Suroto Nggak Disangka Segini Banyaknya!

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada wartawan Kamis (5/4/2018) mengatakan, mekanisme mendahului anggaran akan segera diajukan ke DPRD guna persetujuan. Diharapkan legislatif akan memberikan persetujuan mengingat pentingnya perbaikan jembatan ini.

Menurut Yuni, beberapa waktu lalu pihaknya langsung menggelar rapat terbatas (ratas) guna membahas Jembatan Gambiran. Pemkab tidak bisa menggunakan dana cadangan pos bencana karena kerusakan jembatan Gambiran bukan termasuk bencana.

“Sebenarnya kita punya dana tak terduga, tapi tidak bisa dipakai untuk memperbaiki jembatan itu karena bukan kategori bencana. Makanya diputuskan melalui mendahului anggaran,” ujarnya. Wardoyo