loading...
Foto/Humas Kab

KARANGANYAR- SMA Negeri 1 Karanganyar menorehkan catatan membanggakan untuk Karanganyar. Sebab tiga siswanya diterima di universitas luar negeri, yakni satu di Cina dan dua di Taiwan. Selain itu, 76 siswa juga telah diterima SNMPTN lewat jalur undangan.

“Siswa yang mendaftar di luar negeri secara mandiri melalui online dan ini baru pertama kali di SMAN 1 Karanganyar,” ujar Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Karanganyar, Drs Bagus Nugroho, M.Pd di sela-sela pelepasan siswa kelas XII di Gedung Wanita, dua hari lalu.

Dia menambahkan rincian 76 siswa yang sudah pasti diterima melalui jalur undangan di SNMPTN adalah yakni 3 di ITB, 31 di UGM, 37 di UNS, 1 Brawijaya, 1 Unsoed dan 3 di ITS.

Baca Juga :  Cerita Perayaan Nyepi Umat Hindu Lereng Lawu Karanganyar di Tengah Waspada Corona Virus. Pura Pun Tak Ada Umat Bermeditasi, Tapi Umat Agama Lain Junjung Toleransi

Bagus mengakui dari segi jumlah memang menurun daripada tahun lalu namun itu juga dipengaruhi jumlah siswa. Dahulu 488 siswa dan tahun pelajaran 2017-2018 ini hanya 411. Sebelumnya, ada 14 kelas dan saat ini menjadi 11 kelas. Namun bukan itu saja, akan tetapi juga ada yang diterima di STAN dan sekolah kedinasan juga ada.

“Untuk nilai IPA jumlah nilai terbaik 367 dengan rata-rata 92 dan IPS jumlahnya 384 dengan rata-rata 92,” imbuhnya.

Sementara itu, Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah, Drs Maryanto MM mengatakan selamat kepada para siswa kelas XII. Setelah lulus merupakan pintu ke untuk masuk universitas dan semangat belajar terus digelorakan.

Baca Juga :  Data Terbaru Corona Karanganyar, Jumlah ODP Tambah 506 Orang Jadi 751 Orang. Jumlah PDP Turun Jadi 14 Orang, 5 PDP Dinyatakan Sembuh

“Semoga ke depan menjadi anak-anak yang bermanfaat bagi daerah, bangsa dan negera,” tambahnya. Wardoyo